Kemarin, potensi tsunami hingga Indonesia sumbang 0,82 persen COVID-19

id Potensi Tsunami,Kasus COVID-19 Indonesia,Hari Tani Nasional,BMKG,Lempeng Indo-Australia,Lempeng Eurasia,Potensi Gempa,ASN Positif COVID-19,Kabupaten B

Ilustrasi - Petugas BNPB menyampaikan potensi bencana alam kepada masyarakat dan pelajar di Pantai Selatan Kabupaten Garut, Jawa Barat, Selasa (6/8/2019). (ANTARA/HO-BNPB)

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita bidang humaniora dari berbagai daerah menjadi perhatian banyak pembaca kemarin mulai dari peringatan Badan Meterologi, Klimatologi, dan Geosifika terhadap potensi tsunami akibat pergerakan lempeng tektonik Indo-Australia dengan Eurasia hingga data statistik John Hopkins University Medicine yang mencatat Indonesia menyumbang 0,82 persen kasus positif COVID-19 di dunia.

1. BMKG peringatkan potensi tsunami karena ada pergerakan lempeng

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengatakan terdapat pergerakan lempeng tektonik cukup aktif di wilayah Indo-Australia dengan Eurasia yang mengarah pada potensi gempa yang dapat menimbulkan tsunami di selatan Pulau Jawa.

"Ada pergerakan lempeng tektonik di Indo-Australia dengan Eurasia atau Lempeng Sunda di sebelah utaranya, sehingga lokasinya ada di selatan Jawa di laut lepas," kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono melalui sambungan telepon dengan ANTARA di Jakarta, Jumat (25/9).

2. Petugas di Bekasi jemput ASN COVID-19 saat rapat

Petugas medis di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat menjemput seorang aparatur sipil negara yang terkonfirmasi positif COVID-19 saat mengikuti rapat di Gedung DPRD Kabupaten Bekasi, Jumat (25/9).

"Iya benar. Setelah diketahui langsung dibubarkan rapatnya," kata Pelaksana Tugas Sekretaris DPRD Kabupaten Bekasi Herman Hanafi di Cikarang, Jumat (25/9) petang.

3. Delapan orang ditangkap dari ricuh demo Hari Tani di Bengkulu

Aksi unjuk rasa memperingati Hari Tani Nasional yang dilakukan gabungan mahasiswa bersama petani di depan kantor DPRD Provinsi Bengkulu, Kamis (24/9) siang berlangsung ricuh dan delapan orang ditangkap pihak kepolisian.

"Untuk yang diamankan ada delapan orang, kita akan minta keterangan mereka dan nanti juga penanggung jawab atau koordinator lapangan akan dipanggil untuk klarifikasi," kata Kapolres Bengkulu AKBP Pahala Simanjuntak saat diwawancarai usai unjuk rasa.

4. Cuaca Jakarta cerah pada Jumat

Cuaca di Jakarta pada Jumat (25/9) cerah, sebagaimana perkiraan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Dikutip dari laman resmi BMKG, seluruh wilayah di Jakarta akan mengalami cuaca cerah pada Jumat (25/9) pagi di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur, sedangkan untuk Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Utara, dan Kepulauan Seribu akan cerah berawan.

5. Indonesia sumbang 0,82 persen kasus COVID-19 dunia

Data statistik Johns Hopkins University Medicine mencatat bahwa Indonesia turut menyumbang 0,82 persen dari total kasus positif COVID-19 di dunia.

Mengutip laman resmi Johns Hopkins University Medicine pada Jumat (25/9), pukul 21.23 WIB, tercatat sebanyak 266.845 kasus konfirmasi COVID-19 di Tanah Air dari total 32.284.038 pasien positif COVID-19 secara global. Dengan persentase tersebut, Indonesia menempati urutan ke-23 kasus sebaran COVID-19 dari 188 negara yang sudah terpapar virus tersebut.

Pewarta : Dewanto Samodro
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar