NTT hadirkan pengalaman virtual stadion global melalui Tour de France

id ntt ltd,pengalaman virtual,tour de france

Pengalaman virtual menikmati ajang balap sepeda internasional Tour de France. ANTARA/HO-NTT Ltd/pri.

Jakarta (ANTARA) - NTT Ltd, sebuah perusahaan layanan teknologi global menghadirkan teknologi inovatif jarak jauh pertama untuk Tour de France 2020 yang memungkinkan penggemarnya menyaksikan balap sepeda dari rumah mereka dengan pengalaman stadion global secara virtual.

Sejak pandemi Covid-19 muncul di awal tahun 2020, berbagai event berskala internasional dari beragam industri dengan sangat terpaksa harus dibatalkan atau ditunda.

Salah satu event olahraga dunia bergengsi yang juga mengalami imbasnya adalah Tour de France, ajang perlombaan bersepeda yang berbasis di Paris, Perancis, yang juga mengalami penundaan, di mana baru dapat diadakan pada 29 Agustus 2020 dan akan berakhir pada 20 September 2020.

Dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu disebutkan meskipun sedikit tertunda karena dampak Covid-19, event ini tetap dapat dilangsungkan karena Amaury Sport Organization (ASO) bersama dengan NTT Ltd. sebagai mitra teknologi menghadirkan Tour de France 2020 agar dapat dinikmati langsung di rumah penonton dengan pengalaman ‘stadion global’.

Secara teknis, 70 karyawan NTT dari lima benua beroperasi secara remote untuk mendukung perlombaan dengan mengembangkan ‘Zona Virtual Teknis’ yang menyatukan berbagai teknologi sehingga menghadirkan pengalaman virtual event Tour de France dari jauh untuk pertama kalinya secara 3D atau tiga dimensi.

Untuk menciptakan ‘stadion global’ digital bagi penggemar Tour de France 2020 yang tidak bisa berada di venue acara tahun ini, NTT dan A.S.O telah memanfaatkan kemampuan analitik data mereka yang canggih dan secara real-time.

Data dan analitik itu ditampilkan secara langsung di berbagai saluran termasuk Aplikasi Augmented Reality Data (AR) terbaru dimana aplikasi ini memberikan pilihan dengan cara unik kepada pengguna untuk melihat dan berinteraksi dengan data balapan dan pemandangan lintasan Tour de France yang menakjubkan secara langsung.

NTT Ltd. dan A.S.O juga memberikan wawasan dan visualisasi data baru sebagai bagian dari siaran langsung televisi sehingga penonton bisa menikmati dan memahami balapan serta performa setiap tim.

Sementara itu data yang dibagikan di saluran @letourdata memungkinkan penggemar untuk mengetahui apa yang terjadi dengan balapan, meskipun mereka sedang dalam perjalanan.

Sedangkan melalui saluran Game resmi 'Tour de France Fantasy' maka meningkatkan pengalaman para penggemar, dengan prediksi pembelajaran mesin yang disediakan oleh #NTTPredictor di setiap tahapan.

"Pendekatan yang kami ambil di Tour de France tahun ini telah merevolusi cara penyelenggaraan acara olahraga di masa depan. Kami menggunakan teknologi untuk membawa pengalaman penggemar ke level berikutnya," ujar Chief Marketing Officer, NTT Ltd Ruth Rowan.

Dengan inovasi ini, lanjutnya, penggemar dapat melihat balapan dengan cara yang berbeda, benar-benar lebih dekat dengan aksi yang dilakukan dan lebih banyak orang dapat menikmatinya secara aman dibandingkan sebelumnya.

Baca juga: HRSC umumkan juara balap virtual

Baca juga: Honda fokus kembangkan ajang balap virtual di tengah pandemi

Baca juga: Sprinter Agus Prayogo antusias ikuti ajang balap lari virtual

Pewarta : Subagyo
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar