Jakarta (ANTARA) -
Tentara Nasional Indonesia (TNI) menggelar kegiatan bakti sosial berupa donor darah dan membagikan 10.000 paket sembako kepada masyarakat yang kurang mampu dalam rangka memperingati HUT Ke-75 TNI.
 
Kegiatan yang berlangsung di GOR Ahmad Yani Mabes TNI, Cilangkap, Selasa, dihadiri oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla serta para pejabat teras TNI dan PMI.
 
Kegiatan donor darah itu dilaksanakan di 186 tempat, yaitu 100 di cabang PMI dan 86 di instansi TNI, yang diselenggarakan mulai 4 September hingga Selasa (22/9) ini. Di Mabes TNI Cilangkap tercatat 1.000 donor darah dari TNI/Polri, PNS TNI, Dharma Pertiwi, dan masyarakat.

Baca juga: TNI Polri dan ASN sumbang 50 persen pasokan darah selama pandemi
 
Dalam sambutannya, Panglima TNI mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan wujud kepedulian sosial dan bakti Keluarga Besar TNI untuk membantu meringankan beban masyarakat dan sinergi TNI dengan PMI dalam meningkatkan pasokan darah di Indonesia.
 
"Saya mengapresiasi kepada penyelenggara dan donor yang secara sukarela telah berpartisipasi dalam kegiatan yang mulia ini dalam memberi manfaat untuk orang banyak," kata Marsekal Hadi dalam keterangan tertulisnya.
 
Sementara itu, Ketua Umum PMI Jusuf Kalla mengucapkan terima kasih kepada TNI atas peranan dan kerelaannya untuk memenuhi kebutuhan stok darah di PMI.
 
Kalla mengakui bahwa pada masa pandemi COVID-19 ketersediaan darah di PMI menurun hingga 50 persen.
 
"Dengan kegiatan baksos donor darah TNI/Polri yang turut serta dalam mengatasi masalah stok darah di PMI dapat terjaga mencapai 80 persen. PMI akan terus meningkatkan menjadi 95 persen sehingga bisa memenuhi kebutuhan di tengah masyarakat," kata JK.

Baca juga: PMI-TNI lakukan donor darah peringati hari jadi
 
Distribusi 10.000 paket sembako bagi masyarakat tidak mampu itu dibantu oleh para babinsa, babinpotmar, dan babinpotdirga diangkut menggunakan sepeda motor dan tiga buah truk dengan sasaran masyarakat di sekitar Mabes TNI, pekerja makam TPU Pondok Ranggon, TPU Tegal Alur, masyarakat di wilayah Jakarta, Depok, Bogor, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2020