Ustadz Adi Hidayat beri tausiah dalam Tabligh Akbar Dies Natalis Unhas

id Adi Hidayat dies natalis unhas

Ustadz Adi Hidayat Lc MA memberikan tausiyah pada peringatan dies natalis Unhas secara virtual, Kamis (10/9/2020). ANTARA/HO/Humas Unhas

Makassar (ANTARA) - Universitas Hasanuddin dalam rangkaian Dies Natalis ke-64, menyelenggarakan Tabligh Akbar dengan menghadirkan Ustadz Adi Hidayat Lc MA yang digelar secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, Kamis.

Rektor Unhas Prof Dr Dwia Aries Tina Pulubuhu MA menyampaikan terima kasih atas kesediaan Ustadz Adi Hidayat memberikan tausiah untuk sivitas akademika Unhas secara khusus, dan masyarakat secara umum.

Sebelum masa pandemi, Prof Dwia menyampaikan Unhas aktif menyelenggarakan kajian Islam melalui Gerakan Unhas Mengaji dan Sholat Berjamaah.

"Kami mengharapkan insan Unhas tidak hanya cerdas dalam kehidupan dunia, namun juga memiliki kecerdasan nurani pula dalam urusan akhirat sebagai bekal kehidupan selanjutnya," katanya.

Baca juga: Gowa kirim 30 imam masjid desa belajar ke Ustadz Adi Hadayat

Baca juga: Peraih medali emas dijanjikan hadiah umroh


"Semoga tabligh akbar ini bisa menghidupkan jiwa kita untuk kembali mengingat kepada sang pencipta," kata Prof Dwia.

Dalam tausiahnya, Ustadz Adi Hidayat mengangkat topik berjudul "Sikap Umat Islam pada Masa Pandemi COVID-19 Memasuki Adaptasi Kebiasaan Baru".

Ustadz Adi Hidayat menguraikan bagaimana seharusnya sikap umat Islam yang terikat oleh petunjuk dan pedoman yang telah ditetapkan oleh Allah SWT melalui Al Qur’an dan Hadist dalam menyikapi pandemi COVID-19.

"Sikap yang seharusnya ditunjukkan Umat Islam adalah dengan meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah Ta'alaa. Selain itu, penguatan spiritual baik dari segi peribadahan, muamalah maupun akhlak harus ditingkatkan,” kata Ustadz Adi Hidayat.

Ustadz Adi Hidayat mengatakan sebagai umat Islam, ada banyak langkah dan cara untuk memerangi pandemi COVID-19.

"Kita harus berikhtiar dan berdo'a kepada Zat yang menurunkan virus ini, caranya adalah dengan mencari informasi seputar COVID-19 untuk melakukan pencegahan. Adapun jika sudah terlanjur sakit maka serahkan ke tenaga kesehatan dan bertawakal kepada Allah Ta'ala," kata Ustadz Adi Hidayat.

Kegiatan tabligh akbar yang dipandu oleh Prof Veni Hadju MD M Sc PhD (Dosen FKM Unhas) selaku moderator diikuti kurang lebih 700 peserta dari kalangan civitas akademika Unhas dan masyarakat secara umum.*

Baca juga: Rektor: Sulsel unik, Wali Kota dan Gubernurnya adalah guru besar

Baca juga: Protokol K3 diupayakan Kemenaker cegah penyebaran COVID-19

Pewarta : Abdul Kadir
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar