Palangka Raya (ANTARA) - Juru Bicara Tim Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kota Palangka Raya, Murni D Djinu mengatakan jumlah atau akumulasi kasus paparan COVID-19 di kota setempat mencapai mencapai 769 kasus.

"Jumlah pasien positif COVID-19 di Palangka Raya terus bertambah dan saat ini telah mencapai 769 kasus usai terjadi penambahan 11 kasus positif," kata Murni di Palangka Raya, Sabtu.

Ia mengatakan untuk jumlah pasien sembuh dari paparan COVID-19 di wilayah Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah sejak kasus pertama pada Mei hingga saat ini tercatat 520 kasus.

Dari seluruh kasus COVID-19 yang ada juga tercatat jumlah kematian pasien sebanyak 49 orang, sehingga tingkat kematian dari seluruh kasus positif mencapai angka 6,37 persen.

Berdasar data yang sama, saat ini masih tercatat sebanyak 200 orang berstatus positif dalam perawatan dan 229 orang berstatus suspek COVID-19.

Baca juga: Sejumlah 100 pasien COVID-19 di Palangka Raya dinyatakan sembuh

Baca juga: Palangka Raya segera terapkan sanksi pelanggar protokol kesehatan


Data tersebut berhasil dihimpun dari seluruh wilayah di Kota Palangka Raya mencakup lima kecamatan yang mencakup 32 kelurahan. Bertambahnya kasus COVID-19 tersebut menurut Murni juga bentuk keberhasilan tim kesehatan dalam melakukan penelusuran kontak erat antara masyarakat dengan pasien positif.

Sebagai upaya pemutusan rantai penyebaran COVID-19, Pemerintah Kota Palangka Raya, melalui tim gugus tugas terus melakukan berbagai upaya mulai dari sosialisasi, deteksi dini, pengamanan hingga penanganan kasus.

Pemerintah Kota Palangka Raya pun mengajak masyarakat di wilayah ini untuk selalu menerapkan protokol kesehatan COVID-19 sebagai upaya meminimalkan potensi dan mencegah mata rantai penyebaran COVID-19 yang tak kunjung usai.

"Selalu jaga jarak minimal satu hingga dua meter dan selalu gunakan masker. Rajinlah mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau menggunakan hand sanitizer. Hindari kerumunan dan selalu taati arahan dan anjuran pemerintah," katanya.

Baca juga: Satgas COVID-19 Palangka Raya rekomendasikan 133 izin acara pernikahan

Baca juga: Jumlah pasien sembuh dari COVID-19 di Palangka Raya capai 429 orang

Pewarta: Rendhik Andika
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2020