1.958 pasien positif COVID-19 di Papua telah sembuh

id COVID-19,kabar baik,berita baik,sembuh dari covid

Infografis perkembangan COVID-19 di Provinsi Papua (ANTARA/HO-Satgas penanganan COVID-19 Papua)

Jayapura (ANTARA) - Juru Bicara Satgas COVID-19 Papua, dr Silwanus Sumule menyebutkan hingga Rabu (12/8), 1.958 pasien terkonfirmasi positif terjangkit  COVID-19 sudah sembuh setelah menjalani perawatan di sejumlah rumah sakit dan fasilitas kesehatan di wilayah itu.

Silwanus di Jayapura, Kamis, menjelaskan 1.958 pasien itu tersebar di 28 kabupaten dan satu kota di provinsi itu, yakni di Kota Jayapura pasien COVID-19 yang sembuh setelah menjalani perawatan 927 orang dari 1.887 kasus. Kabupaten Mimika, pasien sembuh 484 orang dari 621 kasus corona.

Pasien terkonfirmasi COVID-19 di Kabupaten Jayapura yang dinyatakan sembuh setelah menjalani perawatan sebanyak 220 orang dari 282 kasus. Kabupaten Biak Numfor pasien corona yang sembuh 89 orang dari 104 kasus. Pasien COVID-19 sembuh di Kabupaten Keerom 58 orang dari 61 kasus.

Baca juga: Disdik Papua minta sekolah jangan dibuka jika tidak punya masker

Kabupaten Jayawijaya, pasien corona yang dinyatakan sembuh setelah menjalani perawatan 51 orang dari 60 kasus corona. Kabupaten Nabire, pasien corona yang sembuh 29 orang dari 65 kasus. Kabupaten Merauke, 20 pasien corona dinyatakan sembuh setelah menjalani perawatan.

Kabupaten Lanny Jaya, tujuh orang yang dinyatakan sembuh dari corona setelah menjalani perawatan, total kasus corona di Lanny Jaya, 27 kasus.Pasien terkonfirmasi positif corona di Kabupaten Kepulauan Yapen yang dinyatakan sembuh 17 orang dari 26 kasus corona. Di Kabupaten Yalimo, tiga orang dinyatakan sembuh dari COVID-19 dari empat kasus.

Sebelumnya, kata dia, enam kabupaten di provinsi itu masuk zona hijau yakni Kabupaten Boven Digoel, Supiori, Tolikara, Mamberamo Tengah, Waropen dan Kabupaten Puncak Jaya. Satgas COVID-19 Papua mencatat 17 pasien terjangkit corona di Kabupaten Boven Digoel 17 orang namun telah dinyatakan sembuh setelah menjalani perawatan.

Baca juga: Pemprov Papua sebut tak ada klaster baru dari mulainya KBM tatap muka

Kemudian, tujuh pasien positif corona tercatat di Kabupaten Supiori namun telah menjalani perawatan dan dinyatakan sembuh. Lalu di Kabupaten Tolikara, empat orang terpapar COVID-19 dan menjalani perawatan lalu semuanya sembuh, namun kini bertambah tiga kasus baru positif corona.

Selanjutnya, Kabupaten Mamberamo Tengah (Mamteng) dua orang yang positif COVID-19 namun setelah menjalani perawatan akhirnya dua orang itu sembuh, tapi kini ada penambahan satu kasus positif corona.

Kabupaten Waropen, tambah dia, satu orang yang dinyatakan terpapar corona namun sudah sembuh setelah menjalani perawatan dan pengobatan. Kabupaten Puncak Jaya, satu orang pasien COVID-19 dan sudah dinyatakan sembuh.

Baca juga: Sejumlah 289 anak usia sekolah di Papua positif COVID-19

Berdasarkan data infografis perkembangan COVID-19 di Provinsi Papua, total pasien sembuh dari corona di seluruh kabupaten/kota di Papua sejak 17 Maret sampai 12 Agutsus sebanyak 1.958 orang. Dari jumlah itu, 1.232 di antaranya masih menjalani perawatan di sejumlah rumah sakit dan fasilitas kesehatan lainnya.

Pasien meninggal di Papua akibat terpapar corona 35 orang, sedangkan yang sudah kontak langsung dengan keluarga yang terpapar corona 3105 orang, kasus suspek 689 kasus, dan probabel 14 orang.

Baca juga: Sulut, Sulsel dan Papua Barat raih Paritrana Award 2019

 

Pewarta : Musa Abubar
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar