Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin mendukung penguatan hubungan strategis antara Indonesia dan Singapura di berbagai sektor dalam rangka saling mendukung meningkatkan kesejahteraan kedua negara dan saling menjaga stabilitas di kawasan ASEAN.

"Segala bentuk ketegangan di Laut Cina Selatan dan wilayah Indo-Pasifik secara keseluruhan perlu di selesaikan melalui komunikasi secara intens," kata Azis dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Indonesia dan Singapura, kata dia, memiliki pandangan yang sama atas asas inklusifitas dan penyelesaian masalah dengan mengutamakan prinsip-prinsip sentralitas ASEAN.

Baca juga: Investasi Singapura di Indonesia naik pada kuartal I dan II

Azis mengatakan hal itu saat menghadiri jamuan makan siang di rumah Dubes Singapura untuk Indonesia Anil Kumar Nayar dalam rangka mempererat hubungan Indonesia-Singapura pada masa COVID-19 di Jakarta, Rabu.

Menurut Azis, Indonesia-Singapura merupakan dua negara bertetangga yang strategis dan penting di kasawan ASEAN. Oleh karena itu, kedua negara perlu terus menguatkan upaya kerja sama dan komunikasi di berbagai sektor.

"Langkah itu dalam rangka saling mendukung dalam meningkatkan kesejahteraan kedua negara dan saling menjaga stabilitas kawasan ASEAN," ujarnya.

Dalam pertemuan tersebut, dia juga membahas mengenai perkembangan pandemi COVID-19 dan meminta pemerintah Singapura bisa segera mempermudah perjalanan ke negara tersebut terkait dengan batas 14 hari wajib karantina mandiri.

Menurut Azis, Dubes Singapura untuk Indonesia akan membawa hal tersebut untuk menjadi prioritas pembahasan dalam waktu ke depan dalam rangka normalisasi travel bubble antara kedua negara.

Baca juga: Indonesia perlu kerja sama dengan Korsel dan Singapura perangi corona

"Kami sepakat bahwa dalam waktu ke depan dunia akan menyesuaikan dengan kenormalan baru,sehingga penyesuaian terhadap kerja sama internasional perlu segera dipulihkan tentu dengan protokol COVID-19," katanya.

Politikus Partai Golkar itu juga mengajak agar kedua negara dapat saling melakukan investasi karena kedua negara penting dengan perkembangkan iklim investasi di Indonesia yang terus membaik dari segi kepentingan pengusaha maupun kepentingan pekerja/buruh.

Dalam kesempatan itu, Azis Syamsuddin menyampaikan selamat HUT Ke-55 kepada Repubik Singapura dan mengucapkan selamat atas terlaksananya pemilihan umum pada masa COVID-19 pada bulan Juli lalu.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2020