Dari hasil penelusuran itu kami dapatkan enam orang yang juga positif tertular COVID-19
Bandarlampung (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Waykanan, Provinsi Lampung membenarkan bahwa Wakil Bupati Waykanan Edward Antony terkonfirmasi positif tertular COVID-19 pada Kamis (6/8).

"Ya benar rilis Pemprov Lampung bahwa laki-laki 62 tahun alamat Waykanan yakni Pak Wakil Bupati," kata Kepala Dinas Kesehatan Waykanan
Anang Risgianto saat dihubungi di Bandarlampung, Senin.

Ia menjelaskan bahwa pada 4-6 Agustus 2020 yang bersangkutan melakukan perjalanan dari Jakarta dan pada Jumat (8/8) Wakil Bupati mengalami demam dan melakukan pemeriksaan di rumah sakit di Bandarlampung.

Baca juga: Bupati Waykanan imbau warganya tunda berlibur ke luar negeri

Kemudian, lanjut dia, saat di rumah sakit oleh petugas medis dilakukan pemeriksaan tes cepat dengan hasil reaktif dan dilanjutkan dengan tes usap dengan hasil positif COVID-19.

"Minggu (9/8) kembali dilakukan pengambilan sampel usap dan tes dengan PCR yang kedua dengan hasil juga positif COVID-19 dan saat ini Beliau sedang menjalani perawatan di rumah sakit," kata dia.

Dia pun mengatakan atas kejadian itu pihaknya langsung melakukan penelusuran terhadap 22 orang yang memiliki kontak erat dengan Wakil Bupati.

Baca juga: Kasus positif COVID-19 Lampung bertambah 4 menjadi 307 orang

Baca juga: Kasus positif COVID-19 Lampung bertambah 4 dari pelaku perjalanan


"Dari hasil penelusuran itu kami dapatkan enam orang yang juga positif tertular COVID-19," kata dia.

Enam orang tersebut, lanjut dia, termasuk dalam orang tanpa gejala karena keadaannya sehat dan untuk mempercepat pemulihan walaupun tidak ada gejala maka dilakukan isolasi dan perawatan di rumah sakit pemerintah.

"Kita berdoa semoga saja semuanya baik-baik saja dan lekas sembuh," kata dia.

Baca juga: Dinkes Lampung catat tidak ada tambahan kasus positif COVID-19


 

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020