Surabaya (ANTARA) - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengusulkan pembangunan akses jalan baru menuju Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menjelang Piala Dunia U-20.

"Tahun 2021, Surabaya akan jadi salah satu tuan rumah Piala Dunia U-20. Untuk mendukung even itu, kami ingin ada akses jalan lain menuju Stadion GBT," kata Wali Kota Risma melalui siaran pers Humas Pemkot Surabaya saat mengunjungi Kementerian PUPR di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Lampu standar FIFA dipasang di Stadion GBT Surabaya

Menurut Risma, meski akses jalan lain menuju Stadion GBT sudah dikerjakan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya dan pihak pengembang, pihaknya membuat jalan baru untuk mendukung itu. "Karena itu kami mengusulkan ke Pak Menteri PUPR untuk sebagian," katanya.

Menurutnya, rencana pembangunan jalan baru tersebut tak hanya bertujuan untuk mendukung akses menuju Stadion GBT. Jika  terealisasi, kata dia, jalan baru itu juga dapat dimanfaatkan sebagai akses menuju Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Benowo dan Pelabuhan Teluk Lamong.

"Kalau itu bisa direalisasi, sebetulnya bukan hanya Stadion GBT yang kena, tapi TPA Benowo dan Pelabuhan Teluk Lamong yang baru juga bisa terlayani," ujarnya.

Apalagi, kata dia, pada 2020 pembangunan PLTSa di TPA Benowo yang mampu menghasilkan energi listrik dengan kapasitas 11 megawatt sudah rampung.

"Insya Allah tahun ini TPA kita sudah jadi dan menghasilkan listrik 11 megawatt. Kita usulkan ke Pak Presiden agar (TPA) bisa diresmikan beliau," ujarnya.

Baca juga: PLN Jatim siapkan listrik 300 kVA untuk Piala Dunia U-20

Baca juga: Wali Kota Surabaya tinjau pembangunan lapangan baru di Stadion GBT


Progres pembangunannya, lanjut dia, saat ini tinggal menunggu pengujian. Meski sempat tertunda karena adanya pandemi COVID-19, untuk pembangunan fisik TPA Benowo telah rampung 100 persen. "Ini tinggal tunggu komisioning aja, karena sempat tertunda ada COVID-19. Ini sudah 100 persen fisik, tinggal pengujian," katanya.

Wali kota perempuan pertama di Surabaya ini berharap rencana pembangunan akses jalan baru menuju Stadion GBT itu bisa rampung sebelum digelarnya Piala Dunia U-20 pada tahun 2021. "Harapannya (selesai) sebelum pertandingan U-20 2021," katanya.

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2020