Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden Ma'ruf Amin bersama istri Wury Estu Handayani dan putrinya, Siti Nur Azizah, berziarah ke makam Aria Wangsakara, yang dikenal sebagai bupati pertama di Tangerang, dan masih leluhur dari Ma'ruf Amin, pada Kamis (6/8).

Dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat, Ma'ruf Amin sudah lama ingin berkunjung ke makam yang berada di tengah perumahan mewah Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang Selatan.

Baca juga: Wapres ingatkan ulama jangan sepelekan COVID-19

"Baru sekarang bisa melaksanakan, karena terbentur banyak kegiatan," kata Ma'ruf Amin.

Ma'ruf Amin tiba di Taman Makam Pahlawan (TMP) Seribu di Serpong, BSD, pada Kamis sore, dengan didampingi istrinya, Wury Estu Handayani, bersama perangkat terbatas yang melekat.

Di lokasi, Siti Nur Azizah, yang akan mencalonkan diri sebagai wali kota Tangerang Selatan, sudah menunggu untuk turut serta berziarah.

Baca juga: Wapres berharap vaksin COVID-19 tersedia pada pertengahan 2021

Juru Bicara Wapres Ma'ruf Amin, Masduki Baidlowi mengatakan Ma'ruf Amin sempat berbincang dengan juru kunci makam dan sejumlah tokoh masyarakat setempat. Dalam obrolan tersebut diketahui bahwa Aria Wangsakara masih merupakan leluhur dari Ma'ruf Amin.

"Setelah diusut lewat silsilah keturunan, Wapres Ma'ruf Amin ternyata merupakan keturunan ke-12 dari Pangeran Aria Wangsakara tersebut," kata Masduki yang ikut serta dalam rombongan Wapres.

Baca juga: Ma'ruf Amin: MUI perlu siapkan fatwa untuk vaksin COVID-19

"Silsilah tersebut antara lain melewati tokoh bernama Wira Negara, yang lebih dikenal dengan sebutan Syekh Ciliwulung; dan jika dirunut ke atas, maka silsilah Wapres Ma'ruf Amin bertemu dengan nasab Raja Sumedang Larang atau Kesanulun," ujar Masduki.

Pewarta: Fransiska Ninditya
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2020