Manado (ANTARA) - Akumulasi warga Sulut yang terkonfirmasi positif COVID-19 hingga Ahad, mencapai 2.668 orang, kata Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Sulut, dr Steaven Dandel MPH di Manado.

"Hari ini Sulut ketambahan sebanyak 20 kasus baru," kata dr Steaven.

Kasus baru yang bertambah hari ini, terbanyak berasal dari Kota Manado bila dibandingkan dengan kabupaten dan kota lainnya.

Apabila dirinci berdasarkan kota dan kabupaten, Kota Manado sebanyak enam kasus, Kota Tomohon (lima kasus), dan Kota Bitung (dua kasus).

Baca juga: Cegah penularan, pemeriksaan penumpang kapal di Sangihe diperketat

Baca juga: PHBI: Shalat id di Sulut hanya bagi masjid yang berprotokol COVID-19


Selanjutnya, Kabupaten Minahasa sebanyak tiga kasus, Kabupaten Minahasa Utara dua kasus dan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur sebanyak satu kasus.

Steaven menambahkan dari akumulasi kasus yang terkonfirmasi tersebut, sebanyak 1.353 orang telah dinyatakan sembuh, sementara meninggal sebanyak 134 orang.

Sementara sebanyak 1.181 orang mendapatkan perawatan di rumah sakit ataupun melaksanakan isolasi mandiri.

Dia berharap warga tidak lalai menjalankan protokol kesehatan mencegah penularan COVID-19.

"Teruslah disiplin menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak fisik dan menjauhi kerumunan serta membersihkan badan usai melakukan aktivitas di luar rumah," kata dr Steaven.

Pemerintah Provinsi Sulut mengumumkan kasus pertama COVID-19 lalu pada 14 Maret 2020, beragam langkah terus dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 ini.*

Baca juga: Archi Indonesia beri bantuan mobil laboratorium PCR ke Pemprov Sulut

Baca juga: Warga Sulut positif COVID-19 sudah 2.415 orang

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020