Jakarta (ANTARA) - Pelatih klub Madura United Rahmad 'RD' Darmawan mengatakan bahwa timnya akan memulai latihan pada 1 September mendatang sebagai persiapan menuju lanjutan Liga 1 Indonesia 2020.

"Kami mulai berlatih 1 September 2020 di Madura," ujar Rahmad ketika dihubungi ANTARA dari Jakarta, Kamis.

Dia pun menginstruksikan seluruh pemainnya untuk bersiap berlatih kembali.

Baca juga: Borneo FC dan Bali United kumpulkan pemain awal Agustus

Khusus untuk para pemain asing atau yang sedang berada di luar negeri, juru taktik berusia 53 tahun itu meminta mereka sudah tiba di Indonesia pada pertengahan Agustus 2020.

"Itu karena mereka wajib menjalani isolasi selama 14 hari. Saya ingin semuanya sehat dan siap berlatih pada 1 September," tutur Rahmad.

Pria yang sebagai pelatih pernah membawa Sriwijaya FC dan Persipura juara Liga Indonesia tersebut menegaskan bahwa semua kegiatan Madura United selama pemusatan latihan dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Salah satunya, Rahmad telah memasukkan kegiatan pengetesan COVID-19 dalam program latihannya.

"Kami akan menjalani tes cepat (rapid test) sebanyak tiga kali selama pemusatan latihan yaitu ketika tim tiba, lalu dua minggu setelahnya dan dua minggu kemudian. Kira-kira seperti itu gambarannya," kata laki-laki kelahiran Metro, Lampung, itu.

Baca juga: Madura United upayakan tetap bermarkas di Madura

Sementara terkait markas tim dalam lanjutan Liga 1, Rahmad Darmawan berharap dapat terus menggunakan Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan di Pamekasan.

"Kalau Pulau Madura masih bagian dari Pulau Jawa, maka sebenarnya kami aman di Madura," ujar dia.

Liga 1 musim 2020 dipastikan akan berlanjut pada 1 Oktober 2020 hingga 28 Februari 2021. Kompetisi tetap berlangsung semusim penuh dan semua laga digelar di Pulau Jawa.

Dengan dikonsentrasikan di Pulau Jawa, tim-tim akan berpindah-pindah dengan transportasi darat demi mencegah penyebaran COVID-19.

Seluruh kegiatan selama lanjutan liga nantinya dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat.

Baca juga: LIB: 13 tim ajukan stadion kandang selama lanjutan Liga 1 2020
Baca juga: PSSI minta suporter tidak datang ke stadion saat liga dilanjutkan

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2020