Kami sering melakukan pemusatan latihan di Yogyakarta
Jakarta (ANTARA) - Presiden kub Borneo FC Nabil Husein Said Amin mengajukan Stadion Maguwoharjo di Sleman, Yogyakarta, sebagai stadion kandang pada lanjutan Liga 1 Indonesia 2020.

Dihubungi Antara dari Jakarta, Selasa, Nabil menyebut ada dua alasan utama mengapa pihaknya memilih Maguwoharjo. Pertama, Yogyakarta tidak asing bagi Borneo FC.

"Kami sering melakukan pemusatan latihan di Yogyakarta," ujar Nabil.

Baca juga: Presiden Borneo pilih Solo atau Yogyakarta sebagai markas tim

Lalu kedua, dia melanjutkan, Yogyakarta juga mempunyai fasilitas yang memadai untuk mempersiapkan diri menjelang pertandingan.

"Lapangan latihan cukup banyak di Yogyakarta," tutur Nabil.

Setelah memutuskan Liga 1 Indonesia 2020 kembali berlanjut pada 1 Oktober 2020 hingga 28 Februari 2021, PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebagai operator kompetisi meminta klub-klub di luar Pulau Jawa untuk menentukan markas mereka selama kompetisi.

Baca juga: PSSI resmi putuskan Liga 1, 2, dan 3 bergulir mulai Oktober 2020

Hal itu karena, sesuai kesepakatan, semua pertandingan Liga 1 2020 di masa pandemi berlangsung di Jawa. Nantinya, perpindahan tim-tim dilakukan dengan menggunakan transportasi darat.

Adapun batas akhir pengajuan kandang tersebut adalah pada 15 Juli 2020.

Selain Borneo, tim-tim luar Jawa lain juga sudah mengajukan markasnya kepada LIB. Dikabarkan, Persiraja juga meminta untuk berkandang di Stadion Maguwoharjo.

Baca juga: Dirut LIB pastikan lanjutan Liga 1 digelar di Pulau Jawa

Bali United juga ingin bermarkas di Yogyakarta. CEO Bali United Yabes Tanuri mengatakan, secara umum, situasi Yogyakarta yang paling aman dari pandemi COVID-19.

"Kalau ke timur (Jawa Timur-red) agak susah karena zona merah. Sementara di Barat, Jakarta juga merah. Jadi saat ini yang paling memungkinkan adalah Yogyakarta dan sekitarnya," tutur Yabes.

PT LIB akan menggelar pertemuan virtual dengan klub peserta Liga 1 pada 17 Juli 2020 untuk membicarakan berbagai hal teknis soal kelanjutan Liga 1 2020 di tengah pandemi.

Baca juga: Nabil Husein iri kepada klub yang difasilitasi pemda gelar swab test
Baca juga: LIB kebut penyelesaian teknis lanjutan liga

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2020