dari 67 pasien, 41 di antaranya dinyatakan sembuh, satu orang meninggal
Banjarnegara (ANTARA) - Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono menyampaikan 41 pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di wilayah setempat telah dinyatakan sembuh dan 25 orang lainnya masih dalam perawatan.

"Menurut data terkini, pada saat ini terdapat 67 orang yang terkonfirmasi positif COVID-19, dari 67 pasien tersebut 41 di antaranya dinyatakan sembuh, satu orang meninggal dunia dan 25 orang lainnya masih dalam perawatan," kata Budhi di Banjarnegara, Selasa.

Baca juga: Pasien COVID-19 di Banjarnegara bertambah empat orang

Dia menambahkan bahwa pada saat ini juga ada 6 orang dengan hasil tes cepat reaktif yang masih menunggu hasil tes usap.

Bupati mengatakan pada saat ini pihaknya terus melakukan tes cepat dan tes usap secara massal guna menemukan dan menelusuri potensi orang tanpa gejala sebagai upaya mencegah penularan virus tersebut di wilayah ini.

Bupati menambahkan pihaknya juga terus mengajak masyarakat untuk ikut berperan aktif dan bahu membahu memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di wilayah setempat.

"Budayakan perilaku hidup bersih dan sehat, selalu jaga jarak, selalu menggunakan masker dan rajin cuci tangan pakai sabun dan jangan berkerumun," katanya.

Bupati juga kembali menegaskan bahwa salah satu kunci penting dalam mencegah penyebaran COVID-19 adalah dengan menerapkan protokol kesehatan.

Baca juga: Pasien sembuh dari COVID-19 di Banjarnegara 39 orang

"Kami tidak bosan-bosan mengingatkan kepada masyarakat untuk tetap mengikuti anjuran pemerintah mengenai penerapan protokol kesehatan. Pekan kemarin masih terdapat penambahan kasus COVID-19 dan beberapa di antaranya merupakan tenaga kesehatan dari rumah sakit dan lingkungan dinas kesehatan Banjarnegara ini menunjukkan penyebaran virus ini masih terus terjadi di sekitar kita," katanya.

Dia juga kembali mengingatkan bahwa hampir seluruh kasus terbaru merupakan orang tanpa gejala sehingga masyarakat harus tetap waspada dan berhati-hati.

"Masyarakat bisa tetap produktif dan beraktivitas namun lagi-lagi kami ingatkan untuk bijak dan syaratnya adalah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan," katanya.

Baca juga: Pasien COVID-19 yang sembuh di Banjarnegara bertambah

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020