FKM Unhas gelar webinar internasional jelang Dies Natalis ke-64

id K3 FKM Unhas, Dies Natalis Unhas ke 64

Webinar internasional yang digelar Departemen K3 FKM Unhas Makassar sebagai rangkaian Dies Natalis Unhas ke-64, Rabu (8/07/2020). ANTARA Foto/HO-Prof Sukri

Makassar (ANTARA) - Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar melalui Departemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) menggelar webinar internasional dengan tema Best Practice K3 di tempat kerja dalam kondisi pandemi COVID-19, Rabu

Webinar Internasional yang diikuti sedikitnya 800 peserta melalui aplikasi zoom tersebut merupakan rangkaian dari Kegiatan Dies Natalis Unhas ke-64.

Kegiatan ini menghadirkan Prof Dr Dwia Aries Tina Pulubuhu (Rektor Universitas Hasanuddin) dan Dr. Aminuddin Syam, SKM., M.Kes., M.Med.Ed (Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Unhas) yang juga merupakan Ketua Dies Natalis Unhas ke-64.

Prof Dwia mengapresiasi FKM Unhas khususnya Departemen K3 yang telah melaksanakan kegiatan webinar. Menurutnya, kegiatan itu dapat menambah pengetahuan dan sangat bermanfaat untuk diimplementasikan di tempat kerja.

Baca juga: Rektor Unhas imbau maksimalkan WFH cegah penyebaran COVID-19

Baca juga: 1.652 dosen Unhas segera lakukan rapid test


Terlebih di era pandemi saat ini perlu menata ulang perilaku, pola kerja, juga model interaksi antara manusia dan manusia atau manusia dan lingkungannya.

"Penguatan perilaku tindakan aman di tempat kerja perlu ditegakkan lagi untuk mencegah penularan dan pekerja tidak menjadi sumber penularan," katanya.

Rektor Unhas juga mengharapkan bahwa webinar ini dapat menghasilkan kemampuan bagi peserta dalam mengembangkan upaya-upaya strategis dalam lingkungan kerja, khususnya di era pandemi ini untuk saling membantu dan bekerja sama dalam menciptakan kondisi yang aman.

Pada pelaksanaan kegiatan, Departemen K3 menyajikan pemateri profesional di bidang K3 seprti Ts. Dr. Ismaniza Ismail (Malaysian Industrial Hygiene Association (MIHA) / Senior Lecturer, Fakulti Sains Gunaan, Universiti Teknologi MARA, Malaysia) sebagai Narasumber pertama, Drg. Kartini Rustandi, M.Kes (Direktur Kesehatan Kerja dan Olahraga Kemenkes Republik Indonesia) sebagai Narasumber kedua dan dr. Furqaan Naiem, M.Sc., Ph.D (Dosen Senior Departemen K3 FKM Unhas) sebagai pemateri ketiga.

Ketua Departemen K3, Yahya Thamrin SKM, M.Kes, Ph.D menyampaikan bahwa
antusias peserta sangat besar dalam mengikuti kegiatan ini hingga pendaftar mencapai lebih 3000 orang.

Sementara peserta yang bergabung pada room zoom lebih dari 800 orang dan yang melakukan live streaming lewat Youtube lebih dari 160 orang.

Penjelasan pertama oleh Ts. Dr. Ismaniza Ismail dengan materi Best Practice Pengalaman Pencegahan COVID-19 di Tempat Kerja di Malaysia. Pemaparan kedua oleh Drg. Kartini Rustandi, M.Kes tentang Protokol Kesehatan sebagai Dasar Adaptasi Kebiasaan Baru.

Terkait Keselamatan dan Kesehatan Kerja dengan COVID-19 dijelaskan oleh narasumber terakhir, dr. Furqaan Naiem, M.Sc., Ph.D. Ia mengatakan diperlukan peran orang K3 dalam memutus mata rantai COVID-19 di tempat kerja.

Sebagai kegiatan pertama dalam rangkaian kegiatan Dies Natalis Unhas ke 64, Webinar K3 ini juga dihadiri para guru besar, dosen, dan mahasiswa Unhas. Selain itu, partisipan dalam kegiatan ini berasal dari berbagai daerah seluruh Indonesia mulai dari Aceh sampai Papua dari berbagai profesi kata Lalu.

Dekan FKM Unhas, Dr. Aminuddin Syam
menekankan pula bahwa praktik K3 di tempat kerja sangatlah penting.

“Transmisi penularan COVID-19 saat ini dominan di tempat kerja misalnya saja di tempat pelayanan kesehatan dan pasar sehingga sangat mengkhawatirkan," ujarnya.

Pihak K3 wajib memberikan gambaran keadaan aman pada masyarakat untuk dapat dipahami bahwa transmisi penyebaran COVID-19 banyak terjadi di tempat kerja.*

Baca juga: Seorang peserta UTBK di Unhas gagal ujian karena suhu tubuh tinggi

Baca juga: Rektor Unhas: Harapan Presiden sudah kami jalankan

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar