Data ini merupakan hasil tes usap oleh tim analisis BTKLPP Batam
Batam (ANTARA) - Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Batam, Kepulauan Riau, mengumumkan tambahan dua kasus positif terpapar virus corona sehingga totalnya menjadi 229 orang.

"Data ini merupakan hasil tes usap oleh tim analisis BTKLPP Batam, berdasarkan temuan kasus baru kota yang memeriksakan diri secara mandiri serta hasil 'contact tracing' terhadap kasus sebelumnya," kata Ketua Gugus Tugas Batam, Muhammad Rudi di Batam, Rabu.

Baca juga: 13 kru pesawat carter dikarantina di Batam

Ia menjelaskan terkonfirmasi positif COVID-19 nomor 228 adalah pelaut atau kru kapal yang melakukan tes cepat COVID-19 secara mandiri untuk memenuhi persyaratan penerbangan ke Jakarta dan hasilnya reaktif.

Karena hasil itu, maka Puskesmas Batu Aji melakukan pengambilan sampel usap tenggorokan yang hasilnya diketahui positif, pada Rabu ini.

Baca juga: Lagi, seorang pelaut positif COVID-19 di Batam

Kemudian terkonfirmasi positif COVID-19 nomor 229 adalah karyawan perusahaan plastik di Kawasan Kabil.

"Yang bersangkutan merupakan tenaga kerja lokal di pabrik plastik di kawasan Industri Kabil dan juga merupakan abang kandung dari terkonfirmasi kasus nomor 215, serta rekan sekerja dari terkonfirmasi positif nomor 204," kata dia.

Baca juga: Total 178 warga sembuh COVID-19 di Batam

Menurut Gugus Tugas, kondisi keduanya stabil dan tidak merasakan gangguan kesehatan yang berarti.

"Serta saat ini sedang dalam persiapan perawatan isolasi/karantina guna penanganan kesehatannya di rumah sakit rujukan RSKI COVID-19 Galang Kota Batam," kata dia.

Sementara itu, hingga Rabu ini tercatat 229 warga positif COVID-19 di Batam, 179 orang di antaranya sembuh, 12 meninggal 38 orang lainnya dalam perawatan RSBP Batam dan RS Khusus Infeksi COVID-19 Galang.

Baca juga: Dua pelaut positif COVID-19 di Batam

Pewarta: Yuniati Jannatun Naim
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020