Polda Metro siapkan 200 pemohon SIM khusus saat Hari Bhayangkara

id SIM Gratis,HUT Bhayangkara,HUT Polri,polda metro,Hari Bhayangkara

Anggota kepolisian sedang mengurus permohonan SIM oleh masyarakat. ANTARA/HUMAS.

Jakarta (ANTARA) - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menyiapkan 200 orang bagi pemohon surat izin mengemudi (SIM) baru khusus bagi warga yang tanggal lahirnya bertepatan dengan Hari Bhayangkara ke-74 pada 1 Juli.

"Ada program SIM bagi pemohon yang tanggal lahirnya bertepatan dengan Hari Bhayangkara 1 Juli," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Sambodo Purnomo Yogo saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu.

Meski tidak dipungut biaya bagi pemohon, namun program permohonan SIM A dan C bertepatan dengan HUT Bhayangkara itu tetap setor anggaran ke Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang ditanggung pihak BRI.

Sambodo menambahkan Polda Metro Jaya juga menyediakan 300 orang bagi pemohon perpanjangan SIM gratis yang memiliki tanggal lahir 1 Juli.

Sambodo menyebutkan para pemohon SIM baru atau perpanjangan masa berlaku yang memiliki tanggal lahir 1 Juli dapat melampirkan syarat kartu tanda penduduk (KTP), syarat batas usia, serta lulus ujian SIM bagi pemohon baru.

Pelaksanaan pembuatan SIM gratis tersebut menurut Sambodo akan digelar selama satu hari di Satpas SIM Polda Metro Jaya Daan Mogot, Jakarta Barat.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis menerbitkan Telegram Rahasia Nomor: ST/1671/VI/YAN.1.1./2020 tanggal 12 Juni 2020 yang ditandatangani oleh Kakorlantas Irjen Pol. Istiono.

Telegram Rahasia itu berkaitan dengan kebijakan SIM gratis bagi pemohon yang berulang tahun bertepatan dengan HUT Bhayangkara pada 1 Juli.

Program SIM khusus A dan C gratis itu berlaku di seluruh Indonesia dengan beberapa persyaratan tertentu.

Pewarta : Taufik Ridwan
Editor: Adi Lazuardi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar