ACT ajak umat manfaatkan platform sedekah digital

id Act fest,sedekah act,sedekah digital

Presiden ACT Ibnu Khajar saat diwawancarai awak media massa di Jakarta, Kamis. (ANTARA/Muhammad Zulfikar)

Jakarta (ANTARA) - Lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) mengajak umat untuk memanfaatkan platform sedekah digital yakni IndonesiaDermawan.id yang merupakan etalase untuk semua orang dapat berbuat baik dan berbagi dengan sesama.

"Kami mengemasnya dalam satu tema ACT FEST 2020 untuk lebih menyosialisasikan IndonesiaDermawan.id. Ini platform sedekah dimana di situ semuanya ada program ACT untuk berbagi pada umat," kata Presiden ACT Ibnu Khajar di Jakarta, Kamis.

Ia menjelaskan keberadaan platform sedekah digital pada hakikatnya akan mempermudah setiap orang dalam berbuat kebaikan bagi yang membutuhkan. Sehingga tidak ada lagi kebingungan di tengah masyarakat yang ingin membantu sesama, terutama di tengah pandemi COVID-19.

Selain itu, sedekah digital dinilai mampu mempercepat proses penyerahan pada penerima manfaat sebab tidak perlu lagi penyerahan secara tatap muka ataupun transfer dimana prosesnya cukup memakan waktu.

"Kalau dulu memang masih lebih banyak transfer atau datang langsung, ribet. Sekarang COVID-19, PSBB dan sebagainya tentu dengan digital lebih mudah," katanya.

Baca juga: Selain di Indonesia, ACT sasar 43 negara distribusikan daging kurban

Baca juga: Ribuan orang bergabung menjadi agen Global Qurban-ACT


Dengan slogan "Tambahkan Sedekah Tumbuhkan Berkah", ACT dalam platform sedekah digitalnya memaparkan seluruh program-program kemanusiaan yang ada di lembaga tersebut misalnya Sumur Wakaf Palestina, kurban dan sebagainya. Semuanya dikumpulkan di sana dan implementasinya menjadi lebih cepat.

Untuk sasaran penerima manfaat, ia mengatakan hal itu sesuai dengan program-program ACT baik itu pangan, modal usaha dan sebagainya.

Bahkan, jika ada orang yang tergerak membantu ataupun merekomendasikan orang lain untuk dibantu dapat datang ke kantor cabang maupun pusat ACT dan hal itu nantinya dapat difasilitasi untuk membantunya dengan dijadikan satu program dalam sedekah digital.

"Melalui ACT FEST dan platform sedekah digital ini kita mengajak semua orang untuk berbagi kebaikan dan perbanyak kepedulian karena kita yakin bahwa kebaikan itu akan kembali pada kita masing-masing," katanya.

Langkah menebar kebaikan tersebut sangat penting saat ini apalagi di tengah pandemi COVID-19. Sebab, banyak masalah yang dihadapi di tengah masyarakat termasuk PHK dimana-mana, pertumbuhan ekonomi minus tujuh persen serta angka pengangguran juga naik 12,7 persen.

Ia mengajak masyarakat untuk jangan fokus pada masalah, melainkan mencoba berpikir positif bahwa ini adalah stimulan untuk dapat melakukan banyak kebaikan.

"Maka ACT FEST ini akan menjadi stimulan kita untuk memfasilitasi kebaikan-kebaikan, semua kita bisa berbuat kebaikan," ujar dia.

Baca juga: Di tengah pandemi, ACT Maluku santuni 100 anak yatim-piatu di ponpes

Pewarta : Muhammad Zulfikar
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar