penemuan kasus positif COVID-19 di Pasar Serdang sudah termasuk dalam klaster baru
Jakarta (ANTARA) - Lima pedagang di Pasar Serdang, Kemayoran, Jakarta Pusat positif COVID-19 dari hasil tes cepat dan tes usap sehingga menambah kasus positif menjadi 14 pedagang di pasar  ini.

"Benar ada penambahan kasus, lima orang positif, jadi sekarang jumlahnya menjadi 14 orang. Mereka terjaring dari 180 orang yang ikut tes minggu lalu," kata Kepala Puskesmas Kecamatan Kemayoran, Buana saat dihubungi, Jumat.

Buana mengatakan saat ini kelima pedagang yang tinggal di Kecamatan Kemayoran itu sudah dirawat di Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet, sedangkan sebelumnya 7 orang pedagang yang tinggal di Tanjung Priok mendapatkan perawatan dari Puskesmas di dekat domisilinya, dan 2 pedagang dari Pekalongan telah mendapatkan perawatan dari Dinas Kesehatan setempat.

Baca juga: Hasil tes cepat, 9 pedagang Pasar Serdang reaktif

"Begitu dapat hasil kita bujuk, mereka yang tinggal di Serdang mau dirujuk ke Wisma Atlet. Kalau yang alamat rumahnya di Tanjung Priok kita serahkan ke Puskesmas Tanjung Priok. Nah ada yang kabur ke Pekalongan, kita telepon langsung Dinas Kesehatan Pekalongan dan sudah ditangani," ujar Buana.

Buana mengatakan penemuan kasus positif COVID-19 di Pasar Serdang sudah termasuk dalam klaster baru yaitu klaster Pasar Serdang, dipastikan keluarga serta orang yang memiliki kontak erat dengan pasien harus menjalani pengetesan COVID-19.

Baca juga: Sembilan pedagang di Pasar Serdang Kemayoran positif COVID-19

"Jadi banyak tracing-nya. Yang positif-positif itu kita tracing keluarganya, tetangganya, saudaranya, atau orang dengan kontak erat. Kita tes juga, jadi setiap hari kami melakukan tracing," kata Buana.

Sebelumnya, pada Selasa (9/6) 9 pedagang di Pasar Serdang, Kemayoran dipastikan positif COVID-19 usai mengikuti rangkaian pemeriksaan mulai dari tes cepat hingga tes usap pada pekan lalu bersama Puskesmas Kecamatan Kemayoran.

Pemeriksaan te cepat massal itu berawal dari ditemukannya salah seorang pedagang yang sehari-hari berjualan di Pasar Serdang  positif COVID-19.

Baca juga: Pedagang positif COVID-19, Kelurahan Serdang gelar rapid test massal

Kegiatan "rapid test" massal itu dilakukan pada Rabu (3/6) di Gedung Gelanggang Remaja Kemayoran yang diselenggarakan oleh tenaga medis dari Puskesmas Kemayoran.

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2020