Pasien sembuh COVID-19 di Kaltim bertambah dua jadi 175 orang

id update COVID-19,Kaltim

Juru bicara gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 di Kaltim, Andi Muhammad Ishak (Arumanto)

Samarinda (ANTARA) - Penanganan COVID-19 di Provinsi Kalimantan Timur menunjukkan perkembangan menggembirakan dengan adanya penambahan dua pasien dinyatakan sembuh sehingga total sembuh mencapai 175 orang.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Kaltim, Andi Muhammad Ishak mengatakan tambahan dua pasien sembuh tersebut terjadi di wilayah Kota Balikpapan.

Baca juga: Pasien sembuh dari COVID-19 di Kaltim bertambah 12 orang

"Kami bersyukur terus terjadi penambahan kasus sembuh setiap harinya, dan hari ini Senin 1 Juni 2020 ada tambahan dua pasien sembuh dan menjadikan total keseluruhan sembuh menjadi 175 orang," kata Andi Muhammad Ishak menyampaikan rilis harian secara virtual di Samarinda, Senin.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim itu membeberkan dua tambahan kasus sembuh yakni BPN 34 laki-laki 28 tahun dan BPN 44 laki-laki 60 tahun) merupakan kasus dari klaster Jakarta yang telah dirawat di RST DR R Hardjanto Balikpapan sejak 7 April 2020 dan 23 April 2020.

Baca juga: Pasien sembuh COVID-19 di Kaltim capai 162 orang

"Mereka dinyatakan sembuh setelah hasil uji swab dua kali dinyatakan negatif dan juga dokter penanggung jawab pasien tersebut sudah menyatakan keduanya tidak ada keluhan," jelasnya.

Andi Muhamad Ishak juga menyampaikan kabar baik dengan adanya tambahan empat orang dinyatakan terkonfirmasi negatif yang kesemuanya berasal dari wilayah Kabupaten Berau.

Baca juga: Pasien sembuh COVID-19 di Kaltim bertambah, Total 134 Orang

"Kami berharap semua Kabupaten Kota tetap memberlakukan kebijakan protokoler kesehatan pencegahan COVID-19, ingat pandemi ini belum berakhir dan membutuhkan kesadaran semua pihak untuk meneranginya," imbuhnya.

Sayangnya, lanjut Andi Muhammad Ishak, kasus terkonfirmasi positif masih mengalami penambahan sebanyak satu orang yakni di wilayah Kota Balikpapan.

Baca juga: Pasien sembuh COVID-19 di Kaltim 101 orang

"Tambahan satu pasien positif adalah BPN 62 (laki-laki 38 tahun) merupakan Kasus PDP yang memiliki keluhan demam, batuk, sesak nafas, memiliki gambaran pneumonia, serta comorbid TB Paru. Pasien dirawat di RSUD Kanudjoso Djatiwibowo Balikpapan sejak 23 Mei 2020," tegasnya.

Hingga saat ini dikatakan Andi Muhammad Ishak sebanyak 296 kasus positif COVID-19 terjadi di wilayah Kaltim, dengan rincian 175 orang dinyatakan sembuh, 118 orang masih menjalani perawatan medis dan tiga orang meninggal dunia.

Baca juga: Turun Rp3 triliun APBD Kaltim 2020 sebagai imbas COVID-19

 

 

 


Pewarta : Arumanto
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar