Damkar Jaktim evakuasi binatang hingga penyemprotan disinfektan

id Damkar Jaktim, evakuasi ular, disinfektan

Petugas Damkar Jakarta Timur berpose bersama tangkapan ular sanca sepanjang empat meter yang diserahkan warga Kelurahan Rambutan, Kecamatan Ciracas, untuk diserahkan kepada instansi berwenang, Senin (25/5/2020). (ANTARA/HO-Damkar Jaktim).

Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur mengevakuasi binatang hingga penyemprotan disinfektan pencegah COVID-19 pada Senin (25/5) hingga Selasa pagi.

"Sekitar pukul 10.30 WIB kemarin kita evakuasi ular sanca sepanjang empat meter di Kelurahan Rambutan, Kecamatan Ciracas," kata Kasi Operasional Damkar Jakarta Timur Gatot Sulaeman di Jakarta, Selasa.

Ular tersebut dilaporkan warga karena berkeliaran bebas di Jalan Mastrip RT07 RW03 Rambutan.

Sebanyak empat petugas evakuasi dikerahkan ke lokasi, namun ular sudah lebih dulu ditangkap warga, sehingga petugas hanya membantu menyerahkan ular tersebut ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jakarta.

Pada hari yang sama petugas Damkar Jakarta Timur juga melakukan penyemprotan disinfektan di GOR Rawamangun Jalan Pemuda Raya, Pulogadung.
Petugas Damkar Jakarta Timur berpose di GOR Rawamangun Pulogadung usai menyemprot disinfektan dalam rangka mencegah COVID-19, Senin (25/5/2020). (ANTARA/HO-Damkar Jaktim)


"Kegiatan yang berlangsung selama satu jam sejak pukul 15.10 WIB melibatkan empat alat penyemprotan disinfektan menggunakan cairan karbol ditambah pemutih pakaian dan dua kaporit," kata Gatot.

Penyemprotan disinfektan yang rutin dilakukan setiap hari selama pandemi COVID-19 adalah yang ke-1.133 kalinya dilaksanakan di Jakarta Timur.

Sementara itu pada Selasa dini hari petugas damkar mengevakuasi kendaraan yang mengalami kecelakaan di Jalan DI Panjaitan, Cipinang Cempedak, Kecamatan Jatinegara pukul 01.10 WIB.
Petugas Damkar Jakarta Timur mengevakuasi kendaraan minibus yang terjebak di pembatas busway Jalan DI Panjaitan, Selasa (26/5/2020) dini hari. (ANTARA/HO-Damkar Jaktim)


Mobil jenis minibus milik Tony Sutiono itu tersangkut pembatas busway akibat pengemudi mengantuk.

"Pengemudi dari arah Buaran ke arah Puri Kembangan melewati Jalan DI Panjaitan. Karena mengantuk tiba-tiba mobil naik sparator busway," kata Gatot.

Tidak dilaporkan korban luka atau jiwa dalam kejadian itu, namun kerugian berdasarkan pengakuan pemilik kendaraan berkisar Rp25 juta.

Baca juga: 18 unit pompa padamkan kebakaran di kawasan padat Pondok Bambu
Baca juga: Seekor kucing terjebak di antara sela tiang lintasan LRT

Pewarta : Andi Firdaus
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar