Gianyar, Bali (ANTARA) - Ketua PKK Kabupaten Gianyar, Bali, Surya Adnyani Mahayastra membagikan sekitar 1.500 masker, untuk pedagang dan pengunjung yang ada di Pasar Payangan Pasar umum Desa Sayan, Pasar Umum di Singakerta dan di Pasar Umum Kedewatan Ubud, Minggu, guna membangkitkan kesadaran masyarakat untuk peduli dengan kesehatan di tengah wabah COVID-19,

“ Mari kita bergerak bersama memutus mata rantai COVID-19 dengan patuh menggunakan masker jika kita sakit atau terpaksa harus beraktivitas di luar rumah,” kata Adnyani Mahayastra, di Gianyar.

Baca juga: Bupati Gianyar serahkan APD untuk tenaga medis

Ia mengajak masyarakat selalu menggunakan masker saat ke luar rumah untuk memutus penyebaran wabah COVID-19.

Setelah melihat kondisi di lapangan, khususnya di pasar-pasar umum di Kabupaten Gianyar, istri Bupati Gianyar Made Mahayastra menilai kesadaran masyarakat akan pentingnya masker sudah lumayan tinggi. Ini terbukti saat pembagian masker, sebagian besar pedagang maupun pengunjung pasar sudah menggunakan masker.

Pada kesempatan itu, ia juga mengingatkan pada masyarakat agar tetap memperhatikan pola kebersihan diri sendiri dengan rajin mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak dan juga menggunakan masker.


Baca juga: Pemerintah Kabupaten Gianyar minta warga tidak keluar rumah
 

“Kunci dari memutus mata rantai COVID-19 adalah ada di dalam diri kita sendiri, bagaimana masyarakat patuh terhadap imbauan pemerintah, pemerintah tidak bisa menjaga seluruh warga satu per satu. Kesadaranlah yang bisa membantu kita terhindar dari virus ini,” tegas Adnyani Mahayastra.

Sementara itu Kepala Pasar Payangan, Wayan Eka Jaya menambahkan kepatuhan masyarakat khususnya pedagang di Pasar Payangan sudah cukup tinggi. Sebelum pasar dibuka pukul 07.00 Wita mereka terlebih dahulu mencuci tangan di wastafel yang sudah disediakan sebelum beraktivitas di pasar.

Karena menurut Wayan Eka Jaya, di pasar rentan akan penyebaran virus, jadi harus benar-benar patuh akan menjaga kebersihan.


Ikut serta dalam pembagian masker yakni  Kadis PMD Kab. Gianyar I Dewa Ngakan Ngurah Adi, anggota DPRD Gianyar dari fraksi PDIP dan penggurus PKK Gianyar lainnya.

Baca juga: Sekda Gianyar pantau kesiapan RSUD tangani kasus COVID-19
Baca juga: Taman Nusa di Bali tutup sementara untuk wisatawan
Baca juga: Gubernur: PSBB lima wilayah di Jabar mulai 15 April

 

Pewarta: Adi Lazuardi
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020