Jayapura (ANTARA) - Kepolisian Resor Jayapura bersama anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Jayapura dari Fraksi Bhineka Tunggal Ika membagikan 1.000 masker, 1.000 batang sabun cuci tangan, serta 50 paket sembako kepada warga guna mencegah penyebaran COVID-19.

Ketua Fraksi Bhineka Tunggal Ika DPRD Jayapura Wagus Hidayat ketika dikonfirmasi dari Jayapura, Kamis, mengemukakan pembagian itu dilakukan dalam upaya mencegah mewabahnya COVID-19 di Sentani, Kabupaten Jayapura.

Baca juga: Polisi Jayapura masih temukan warga tak patuhi instruksi

Baca juga: Kapolres Jayapura Kota peringatkan warga untuk tidak lakukan keramaian


Menurut dia, 1.000 masker dan 1.000 sabun cuci tangan serta 50 paket sembako dibagikan oleh Kapolres Jayapura AKBP Victor Dean Mackbon bersama DPRD dan Bhayangkari Cabang Jayapura Ayudya Victor Mackbon serta anggota di lampu merah pertigaan pasar lama Sentani.

Masker dan sabun serta paket sembako itu, kata dia, dibagikan kepada warga pengguna jalan, dan mama-mama (ibu-ib) penjual sebagai bentuk upaya kepedulian pencegahan penyebaran COVID-19 di wilayah tersebut.

Dia mengatakan pembagian masker, sabun serta paket sembako itu dilakukan dalam upaya memutus mata rantai penyebaran wabah virus corona

"Kami mengedukasi warga bahwa masker itu tidak bisa membunuh virus atau kuman, tapi masker bisa mencegah. Oleh karena itu, gunakanlah masker," katanya.

Baca juga: Wali Kota Jayapura keluarkan instruksi cegah corona

Warga, lanjut dia, juga diminta menerapkan social distancing atau physical distancing. "Kita saling jaga jarak dan selalu terapkan pola hidup sehat> Usai pembagian masker, kami juga membagikan sembako kepada mama-mama penjual di pasar lama Sentani sebanyak 50 paket," ujarnya.

Sementara Kapolres Jayapura AKBP Victor Dean Mackbon mengatakan kgiatan itu dilakukan bersama anggota DPRD Kabupaten Jayapura dari Fraksi Bhineka Tunggal Ika.

"Kami membagikan 1.000 masker dan 1.000 sabun cuci tangan. Diharapkan bisa bermanfaat bagi warga yang menerima bantuan ini," katanya.

Ia menambahkan hal ini sebagai upaya bersama dalam mencegah penyebaran virus corona khususnya di wilayah Sentani dan wilayah-wilayah lain pada umumnya.

Baca juga: Jayapura catat empat kasus baru positif COVID-19

Baca juga: Empat orang di Papua masuk daftar pengawasan terkait COVID-19


"Setiap hari aparat pemerintahan di tingkat distrik yang dibantu TNI/Polri terus mengimbau warga agar mau bersama-sama memutus mata rantai dan mencegah penyebaran virus corona. Apa yang kami lakukan bersama dapat sedikit membantu warga dalam upaya pencegahan wabah COVID-19," tuturnya.

Pewarta: Musa Abubar
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2020