Jakarta (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo meminta jajarannya memastikan apotek dan toko-toko bahan pokok tetap buka selama masa pembatasan sosial akibat pandemi COVID-19.

"Pastikan bahwa apotek dan toko-toko penyuplai kebutuhan pokok bisa tetap buka untuk melayani kebutuhan warga dengan tetap menerapkan protokol jaga jarak yang ketat," ujar Presiden dalam Rapat Terbatas "Laporan Tim Gugus Tugas COVID-19", yang diselenggarakan melalui konferensi video dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin.

Dalam pengantarnya Presiden mencermati mengenai pentingnya ketersediaan obat di apotek serta alat kesehatan bagi masyarakat, termasuk perlindungan maksimal bagi para tenaga medis.

Baca juga: Masker mulai langka di sejumlah apotek Jakarta

Selain meminta apotek tetap buka, Joko Widodo (Jokowi) juga meminta percepatan pengadaan alat pelindung diri (APD) untuk disalurkan ke rumah sakit di seluruh wilayah.

Baca juga: Ombudsman terima laporan apotek BUMN jual masker dengan harga tinggi

Jokowi juga meminta sistem pelayanan informasi di RS rujukan, termasuk ketersediaan ruangan perawatan di RS darurat, seperti di Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, betul-betul dibangun dengan baik.

Baca juga: Terkait COVID-19, stok masker sebagian apotek di Cianjur kosong

Dia meminta terdapat sistem pendaftaran di RS rujukan dan RS darurat terintegrasi secara daring sehingga semua masyarakat bisa lebih cepat terlayani.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Masuki M. Astro
Copyright © ANTARA 2020