"Untuk COVID-19 kita perlu waspada, tetapi yang perlu dikhawatirkan saat ini adalah masalah DBD yang saat ini sudah menerjang 22 kabupaten/kota se-NTT,"...
Kupang (ANTARA) - Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur Josef Nae Soi mengatakan bahwa hal utama yang harus dikhawatirkan saat ini di provinsi berbasis kepulauan ini justru   masalah demam berdarah (DBD) yang hingga Senin(16/3) telah menelan korban 42 orang meninggal dunia.

"Untuk COVID-19 kita perlu waspada, tetapi yang perlu dikhawatirkan saat ini adalah masalah DBD yang saat ini sudah menerjang 22 kabupaten/kota se-NTT," kata Wagub NTT kepada wartawan di Kupang, Rabu.

Hal ini disampaikannya berkaitan dengan semakin meningkatnya jumlah korban meninggal akibat DBD,  dan tertinggi berada di kabupaten Sikka dengan jumlah korban meninggal 14 orang.
Baca juga: Pemkab Sikka katakan KLB demam berdarah tahun ini terparah

Meskipun jumlah pasien DBD dari hari ke hari terus mengalami penurunan, berkat penanganan yang sigap dari dokter dan pemerintah daerah.

"Kami juga sudah mengimbau kepada sejumlah bupati untuk tidak hanya mencegah masuknya virus COVID-19 tetapi juga menanggani dan mencegah penyebaran nyamuk aedses aegypty yang menyebabkan DBD," tambah dia.

Orang nomor dua di NTT itu mengatakan bahwa seluruh masyarakat NTT juga sudah menyatakan perang melawan DBD itu. Salah satu cara adalah dengan membersihkan lingkungan sekitar dari berbagai sampah-sampah.

"Saya mau sampaikan juga kepada masyarakat NTT bahwa sampah itu kalau dalam bahas lanti Odi et Amo yang artinya membenci dan mencintai.Kalau kita mencintai sampah berarti kita pungut sampah dan membuang pada tempatnya penyakit tidak akan datang, tapi kalau kita membenci sampah, kita buang sembarang maka penyakit akan datang ke pada kita," ucap dia.
Baca juga: 22 kabupaten/kota di NTT terpapar penyakit DBD

Sementara itu Dinas Kesehatan Provinsi NTT, Rabu (18/3) pagi melaporkan bahwa kasus DBD di NTT sampai dengan Senin (16/3) sudah terdapat 3.661 kasus DBD di NTT dengan korban meninggal mencapai 42 orang.

Penyumbang kasus DBD terbanyak masih berada pada kabupaten SIkka dengan jumlah kasus 1.335 kasus dengan kematian mencapai 14 orang.

Posisi kedua ditempati  kota Kupang dengan jumlah kasus mencapai 502 kasus dengan korban meninggal mencapai lima orang.
Baca juga: Sudah 1.189 pasien DBD di Sikka sembuh
Baca juga: Bupati : Drainase yang buruk penyebab DBD di Sikka

Sepanjang 2020 sudah 104 orang meninggal karena DBD

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2020