Jakarta (ANTARA) - DPD RI akan segera menyampaikan nama-nama pimpinan fraksi atau kelompok DPD RI di MPR RI periode 2019-2024 yang akan diputuskan pada rapat internal DPD RI di Komplek Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Rabu.

"DPD RI akan segera menetapkan nama pimpinan fraksi atau pimpinan kelompok DPD RI di MPR RI pada siang hingga sore ini," kata Anggota DPD RI dari Provinsi DKI Jakarta, Jimly Asshiddiqie, Rabu.

Baca juga: DPD segera putuskan siapa pimpinan MPR RI dari DPD Rabu ini

Baca juga: Pengamat: pimpinan DPD RI harus bersih dan bebas dari persoalan hukum

Baca juga: Tata Tertib DPD RI dinilai cacat formil dan materil


Sebelumnya, pada rapat paripurna pemilihan pimpinan MPR RI periode 2019-2024, Rabu, ditunda, karena DPD RI belum menyerahkan nama pimpinan fraksi dan calon pimpinan MPR RI dari kelompok DPD RI.

Menurut Jimly, pimpinan fraksi DPD RI maupun calon pimpinan MPR RI dari kelompok DPD RI akan dijaring mulai dari rapat gugus, rapat antar gugus, hingga rapat pleno di internal DPD RI. "Saya harapkan rapat-rapat tersebut sudah selesai pada sore hari ini. Kalaupun tidak selesai akan dilanjutkan sampai malam," katanya.

Pada rapat paripurna pemilihan pimpinan MPR RI periode 2019-2024 yang dipimpin oleh anggota MPR RI tertua Abdul Wahab Dalimunthe dan anggota termuda Hillary Brigitta Lasut, fraksi-fraksi di MPR RI sudah menyampaikan nama pimpinan fraksi, kecuali kelompok DPD RI di MPR RI.

Fraksi-fraksi lainnya sudah menyampaikan nama pimpinan fraksinya adalah, Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), ketua Ahmad Basarah dan sekretaris Tb Hasanuddin. Fraksi Partai Golkar; Agun Gunandjar Sudarsa (ketua) dan Muhammad Idris Laena (sekretaris). Fraksi Partai Gerindra; Ahmad Riza Patria (ketua) dan Elnino M Husein Mohi (sekretaris). Fraksi Partai NasDem; Johnny G Plate (ketua) dan Syarif Abdullah Alkadrie (sekretaris).

Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB); Jazilul Fawaid (ketua) dan Neng Eem Marhamah Zulfa Hiz (sekretaris). Fraksi Partai Demokrat; Guntur Sasono (ketua) dan struktur lainnya akan disusulkan. Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS); Tifatul Sembiring (ketua) dan Johan Rosihan (sekretaris). Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN); Alimin Abdullah (ketua) dan Saleh Partaonan Daulay (sekretaris). Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP); Arwani Thomafi (ketua) dan Syaifullah Tamliha (wakil ketua).

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2019