Pemkab Pasuruan biayai 20 mahasiswa ke China

id Mahasiswa Indonesia di China,pelajar Indonesia di China,beasiswa China,bupati pasuruan di China

Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf saat melepas warganya yang hendak melanjutkan studi ke beberapa perguruan tinggi di China, Kamis (12/9/2019). ANTARA/M. Irfan Ilmie/am.

Pasuruan (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, kembali membiayai 20 mahasiswa asal daerah itu yang memulai perkuliahan pada tahun ini di China.

“Ini bagian dari perhatian kami terhadap kualitas pendidikan di Kabupaten Pasuruan. Mungkin hanya daerah kami yang bisa memberikan bantuan seperti ini,” kata Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf, Rabu.

Menurut dia, Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Pasuruan tahun 2019 mengalokasikan dana sebesar Rp24 juta kepada setiap mahasiswa yang mendapatkan beasiswa dari perguruan tinggi di China.

Dana tersebut diberikan sebagai bantuan biaya hidup selama satu tahun di daratan Tiongkok itu.

Sebanyak 20 mahasiswa baru itu melanjutkan jenjang pendidikan S1 di dua perguruan tinggi di Provinsi Jiangsu, yakni Nanjing University of Information Science and Technology dan Changzhou University.

Pemkab Pasuruan telah lama menjalin kerja sama di bidang pendidikan dengan kedua perguruan tinggi tersebut.

Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf saat melepas warganya yang hendak melanjutkan studi ke beberapa perguruan tinggi di China, Kamis (12/9/2019). ANTARA/M. Irfan Ilmie/am.

Sampai saat ini sudah ada 34 mahasiswa asal Kabupaten Pasuruan yang mendapatkan beasiswa dari sejumlah perguruan tinggi di Provinsi Jiangsu.

“Ada 17 mahasiswa kami yang lulus S1 di sana, dua di antaranya melanjutkan ke jenjang S2,” kata Irsyad didampingi Kepala Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jatim Wilayah Kabupaten/Kota Pasuruan Indah Yudiani.

Bupati Pasuruan dua periode itu mengaku bangga karena beberapa lulusan dari China sudah ada yang bekerja di perusahaan berskala global yang beroperasi di daerahnya.

Ke-20 mahasiswa baru tersebut bertemu Bupati di Pendapa Kabupaten Pasuruan pada Kamis (12/9) sebelum bertolak menuju China keesokan harinya.


Pewarta : M. Irfan Ilmie
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar