Jakarta (ANTARA) - Penulis naskah film "Habibie & Ainun" (2013), Gina S. Noer mengatakan bahwa Presiden Ketiga Republik Indonesia, Bacharuddin Jusuf Habibie merupakan sosok yang sangat percaya pada kekuatan film untuk menyalurkan sebuah gagasan dan nilai.

Baca juga: Asal mula nama Habibie

"Beliau merupakan sosok yang sangat percaya bahwa film dan cerita memiliki kekuatan untuk membagikan kecintaannya terhadap bangsa," ujar Gina saat dihubungi ANTARA di Jakarta, Rabu.

Sutradara film "Dua Garis Biru" ini kemudian mengenang Habibie sebagai pribadi yang terbuka dan seorang problem solver yang andal. Gina menuturkan bahwa banyak pelajaran yang bisa diambil dari nasehat dan masukan Habibie kepadanya.

"Dan dari beliau, saya belajar untuk fokus kepada tujuan hidup saya, dan besar sekali pengaruhnya buat saya sebagai penulis," kata Penulis Skenario Film Terbaik di Festival Film Indonesia 2013 untuk film "Habibie & Ainun" ini.

Gina kemudian menyampaikan belasungkawa atas berpulangnya BJ Habibie. Ia berharap, orang-orang yang ditinggalkan Habibie dapat terus menjaga amanahnya untuk nusa dan bangsa.

BJ Habibie mengembuskan nafas terakhirnya di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat, pada pukul 18.05 WIB di usia 83 tahun.

Wafatnya BJ Habibie diumumkan putranya Thareq Habibie, setelah sehari sebelumnya disebutkan bahwa kondisi kesehatan BJ Habibie mulai stabil setelah menjalani perawatan di ruang CICU RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat.

Baca juga: "Habibie & Ainun 3" tetap tayang tanpa Jefri Nichol

Baca juga: Film kisah cinta Habibie dan Ainun akan dibuat lima seri

Baca juga: BJ Habibie pilih BCL untuk perankan Ainun

 

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2019