Wakil Wali Kota Jayapura apresiasi penampilan tari SMN Sulsel

id Wakil Wali Kota Jayapura apresiasi penampilan tari SMN Sulsel,Wajo, Bantaeng, Sidrap, Luwu, Gowa, Tana Toraja, Luwu Timur, Parepare,Selayar, Jeneponto

Penampilan SMN 2019 asal Sulsel yang menyuguhkan tarian kreasi Papua dihadapan Wakil Wali Kota Jayapura Rustan Sarru dan tamu undangan dalam malam penutupan dan pelepasan SMN di restauran B'One, Kota Jayapura, Papua, Rabu (21/8) (ANTARA News Papua / Alfian Rumagit)

Jayapura (ANTARA) - Wakil Wali Kota Jayapura Rustan Sarru memuji dan mengapresiasi penampilan tim tari peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2019 asal Sulawesi Selatan (Sulsel) dalam acara penutupan dan pelepasan yang digelar di Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura, Papua, Rabu malam.

"Penampilan tariannya luar biasa, begitu juga penampilan lainnya," kata Rustan Sarru di hadapan pimpinan cabang BRI Jayapura Hendry Manalu, wakil PT Yodya Karya dan PT Semen Indonesia serta para tamu undangan.

Para peserta SMN 2019 asal Sulsel dipuji setelah menampilkan tarian kreasi penyambutan ala Papua yang sebelumnya dilatih dan dibina oleh Sanggar Black Paradise pimpinan Nofri George Bonay.

"Ini kan bagus, luar biasa. Pelajar asal Sulsel sudah bisa bawakan tari ala Papua, apalagi bisa tahu tari pergaulan Yosim Pancar dan Lemon Nipis, lalu digabung dengan tarian Paduppa dari Sulsel," katanya.

Pada momentum itu, orang nomor dua di Port Numbay, nama lain Kota Jayapura, berpesan kepada para pelajar asal Sulsel untuk menyampaikan kebaikan dan manfaatnya setelah berkunjung ke Ibu Kota Provinsi Papua, yakni Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura selama sepekan.

"Nanti kalian ceritakan tentang keberagamaan di Papua. Di Kota Jayapura saja pimpinan OPD-nya terdiri dari warga Nusantara. Wali Kota Benhur Tommy Mano orangnya sangat disiplin, pintar birokrasi, profesional dan nasionalis," katanya.

Tak lupa, mantan anggota DPR Papua itu berpesan agar peserta SMN asal Sulsel bisa menularkan dan menjaga semangat persatuan dan kesatuan bangsa, kepada rekannya setelah kembali ke daerah asal.

"Harapan kami, dari Pemkot Jayapura, ambil nilai positif selama berkunjung di Kota Jayapura untuk jadi pemuda yang sukses. Jaga persatuan dan kesatuan, persahabatan dan kedamaian, jangan buat perbedaan. Saya doakan kalian sukses dan sampai dengan selamat, serta samapaikan salam hormat kami buat warga dan para pimpinan kabupaten dan kota di Sulsel," katanya.

Sebelumnya, Rustan Sarru menjelaskan dan mengenalkan secara singkat tentang Kota Jayapura dan perangkat organisasi perangkat daerahnya atau OPD kepada peserta SMN asal Sulsel dan tamu undangan.

Sementara itu, pimpinan cabang BRI Jayapura Hendry Manalu menyampaikan terima kasih kepada Pemprov Papua, Pemkot Jayapura, PT Yodya Karya, PT Semen Indonesia, PT IKI dan PTPN XIV yang telah mendampingi dan mendukung kegiatan BUMN Hadir untuk Negeri lewat Program SMN 2019.

Hendry juga menjelaskan secara singkat kegiatan SMN 2019 asal Sulsel selama berada di Kota dan Kabupaten Jayapura kurang lebih sepekan.

"Terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan mendampingi BRI dalam acara SMN 2019. Para peserta asal Sulsel yang berjumlah 27 orang telah melaksanakan serangkaian kegiatan, begitu juga peserta asal Papua di Sulsel," katanya.

Hendry juga menyampaikan permohonan maaf jika selama pelaksanaan program SMN 2019 di Kota dan Kabupaten Jayapura kurang maksimal, karena berbagai hal, namun panitia dan pendukungnya telah berupaya berbuat yang terbaik.

Dalam acara tersebut juga dilakukan pemberian cenderamata atau suvenir dari BRI kepada Pemkot Jayapura dan sebaliknya, serta penandatangan berita acara antara BRI dan PT Semen Indonesia terkait selesainya kegiatan SMN 2019 asal Sulsel di Kota dan Kabupaten Jayapura.

Acara itu diakhiri dengan ramah tamah berupa makan malam, berpose bersama dan salaman.

"Senangnya bisa berkunjung ke Papua, terutama di Kota dan Kabupaten Jayapura, ini pengalaman terindah," kata Imel Ayudia, salah satu peserta SMN 2019 asal Sulsel.

Pewarta : Alfian Rumagit
Editor: Masuki M. Astro
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar