Bandung (ANTARA) - Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang juga kandidat Calon Wakil Gubernur (Cawagub) DKI Jakarta berharap DPRD Provinsi DKI Jakarta melakukan "political will" atau ajakan kebaikan terkait penentuan Wagub DKI Jakarta yang akan mendampingi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Sebetulnya masalah ini bisa gampang bisa mudah (penentuan Wagub DKI Jakarta), sehari juga bisa selesai. Tapi ini masalah proses politk. Saya berharap DPRD melakukan political will secepatnya bisa dituntaskan agar enggak berlarut," kata Ahmad Syaikhu, di Bandung, Kamis.

Ketika ditemui seusai menghadiri Diskusi Pimpinan Parpol di Jabar yang diadakan oleh DPW PKB Jawa Barat, Syaikhu menuturkan penentuan Wagub DKI prosesnya ada di legislatif dan sudah ada dua nama yang diserahkan ke legislatif.

Baca juga: Anies sindir pansus soal Wagub, "kursinya aja belum ada"

Baca juga: Anggota Dewan sebut Pansus selesai urus administrasi Wagub DKI baru

Baca juga: Anies harap urusan wagub DKI selesai sebelum keanggotaan baru DPRD


Dua nama yang disepakati tersebut ialah Ahmad Syaikhu (dari PKS) dan Agung Yulianto (PKS).

"Dewan juga sudah memproses melalui penyusunan tata tertib, cuma hasil dari pansus tata tertib ini belum diparipurnakan. Masih belum rampung. Rapat antara pimpinan dewan dan pimpinan fraksi. Ini enggak kunjung diparipurnakan," kata dia.

Oleh karena itu, kata Syaikhu "bola" penentuan Wagub DKI Jakarta ada di tangan DPRD DKI Jakarta.

"Cepat atau lambatnya di dewan. Saya berharap suasana di Jabar ini menular ke DKI," kata dia.

Lebih lanjut Syaikhu menuturkan secara pribadi dirinya sudah siap untuk menjadi Wagub DKI Jakarta.

"Saya sudah siap semua sudah saya lakukan. Fit and proper test, persyarakatn sudah disiapkan. Ngobrol sama Pak Anies juga sudah dilakukan," kata dia.

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019