KPU Sultra siapkan ruang bantuan bagi peserta Pemilu 2024

id KPU, Sultra, siapkan, ruang, bantuan, bagi, peserta, Pemilu, 2024

KPU Sultra siapkan ruang bantuan bagi peserta Pemilu 2024

Suasan pembukaan "help desk" pendaftaran, verifikasi, dan penetapan partai politik peserta Pemilu 2024 oleh KPU Provinsi Sulawesi Tenggara di Kendari, Senin (1-8-2022). ANTARA/HO-KPU Provinsi Sultra

Kendari (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Tenggara menyiapkan ruang bantuan pendaftaran, verifikasi, dan penetapan partai politik bagi peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Ketua KPU Provinsi Sultra La Ode Abdul Natsir Muthalib di Kendari, Senin, mengatakan bahwa bantuan bertajuk help desk pendaftaran, verifikasi, dan penetapan partai politik bagi peserta Pemilu 2024 disiapkan di Rumah Pintar Pemilu (RPP) Anoa KPU Sultra.

"Pelaksanaan help desk merupakan tindak lanjut dari PKPU No. 4 Tahun 2022 dan Surat Sekretariat Jenderal KPU RI No. 577/PL.01.1-ST/05/2022," katanya di sela pembukaan help desk pendaftaran, verifikasi, dan penetapan partai politik peserta Pemilu 2024.

La Ode Abdul Natsir Muthalib mengatakan bahwa ruang bantuan tersebut sebagai tempat pemberian pelayanan informasi terhadap partai politik calon peserta pemilu yang membutuhkan fasilitasi atau penjelasan menyangkut pelaksanaan tahapan pendaftaran, verifikasi, dan penetapan partai politik calon peserta Pemilu 2024

"Hal itu termasuk penggunaan aplikasi Sistem Informasi Partai Politik (Sipol)," katanya.

Ia menjelaskan bahwa bantuan tersebut mulai 1 Agustus hingga 14 Desember 2022 atau sampai dengan selesai seluruh rangkaian tahapan verifikasi partai politik calon peserta Pemilu 2024.

Adapun personel yang bertugas di ruang bantuan tersebut adalah jajaran sekretariat yang terbagi dalam 5 tim kerja. Tim ini telah ditetapkan melalui Surat Tugas Sekretaris KPU Provinsi Sultra serta dilengkapi dengan perlengkapan kerja sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh KPU RI.

Help desk pendaftaran, verifikasi, dan penetapan partai politik calon peserta Pemilu 2024, kata dia, telah siap menerima kunjungan atau konsultasi dari partai politik setiap hari mulai pukul 08.00 sampai 17.00 Wita bertempat di ruang Rumah Pintar Pemilu (RPP) Anoa KPU Provinsi Sultra.

Pembukaan ruang bantuan tersebut dihadiri anggota, sekretaris, kepala bagian, kepala subbagian, serta staf di lingkungan Sekretariat KPU Provinsi Sultra dan anggota KPU Kota Kendari.

Pembukaan help desk diawali dengan penyerahan secara simbolis aset help desk berupa kunci ruangan Rumah Pintar Pemilu (RPP) Anoa dan handphone oleh Sekretaris KPU Sultra selaku penanggung jawab kepada Kepala Bagian Teknis Penyelenggaraan Pemilu Hubungan dan Partisipasi Masyarakat, Hukum, dan SDM selaku ketua help desk.
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2022