Hujan lebat berpotensi guyur sebagian besar wilayah Sultra

id BMKG:,Hujan, Sultra, sulawesi

Hujan lebat berpotensi guyur sebagian besar wilayah Sultra

Awan menggumpal di daerah Kecamatan Kadia, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, Sabtu (18/6/2022). (ANTARA/Harianto)

Kendari (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), memprediksi hujan lebat disertai guntur dan angin kencang berpotensi mengguyur sebagian besar wilayah tersebut pada hari ini.

Koordinator Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim Kendari, Faizal Habibie dalam keterangan tertulis Humas BMKG Sultra, Sabtu mengatakan sebanyak 11 daerah berpotensi diguyur hujan sedang hingga lebat.

"Peringatan dini cuaca di wilayah Sultra berpotensi hujan sedang hingga lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang di 11 daerah yakni Kabupaten Muna, Muna Barat, Buton, Buton Selatan, Buton Tengah, Buton Utara, Konawe Selatan, Konawe Kepulauan, Bombana, Wakatobi, dan Kota Baubau," katanya.

Faizal menjelaskan di Kabupaten Muna potensi hujan sedang hingga lebat dapat terjadi di Kecamatan Napabalano, Maligano, Wakorumba Selatan, Lasalepa, Batalaiwaru, Watopute, Parigi, Bone, Pasir Putih, Marobo, Pasi Kolaga, Batukara yang dapat meluas ke Duruka, Lohia, Kontunaga, Kabangka, Kabawo, Tongkuno, dan Kontu Kowuna.



Selanjutnya di Kabupaten Muna Barat potensi hujan lebat dapat terjadi di Kecamatan Sawerigadi, Tiworo Tengah, Tiworo Utara, Tiworo Kepulauan, Kusambi, Napano Kusambi yang dapat meluas ke Barangka, Lawa, dan Wadaga.

Di Kabupaten Buton, potensi hujan lebat potensi mengguyur wilayah Kecamatan Pasarwajo, Kapontori, Lasalimu, Lasalimu Selatan, Siotapina, Wolowa, dan Wabula. Kemudian di Kabupaten Buton Selatan dapat terjadi di Kecamatan Batauga, Sampolawa, Lapandewa, Siompu Barat, Siompu, dan Kadatua.

Berikutnya di Kabupaten Buton Tengah, potensi hujan lebat dapat terjadi di Kecamatan Mawasangka, Talaga Raya yang dapat meluas ke Lakudo, Mawasangka Timur, Mawasangka Tengah, dan Kecamamatan Gu; Lalu di Kabupaten Buton Utara dapat terjadi di Kecamatan Kulisusu, Kambowa, Bonegunu, Kulisusu Barat, Kulisusu Utara, dan Wakorumba Utara.

Selanjutnya di Kabupaten Konawe Selatan, potensi hujan lebat dapat terjadi di Kecamatan Tinanggea, Andoolo, Palangga, Lainea, Kolono, Moramo, Laonti, Lalembuu, Palangga Selatan, Buke, Wolasi, Laeya, Baito, Kolono Timur, Andoolo Barat yang dapat meluas ke Angata, Landono, Konda, Ranomeeto, Benua, Mowila, Moramo Utara, Basala, dan Ranomeeto Barat.

"Lalu di Kabupaten Konawe Kepulauan potensi hujan sedang hingga lebat dapat terjadi di Kecamatan Wawonii Tenggara, dan Wawonii Selatan," ujarnya.

Berikutnya di Kabupaten Bombana potensi hujan di Kecamatan Rumbia, Kabaena, Kabaena Timur, Mata Oleo, Poleang Tenggara, Kabaena Selatan, Kabaena Barat, Kabaena Utara, Kabaena Tengah, Rumbia Tengah dapat meluas ke Poleang, Poleang Timur, Rarowatu, Rarowatu Utara, Poleang Utara, Poleang Selatan, Poleang Tengah, Tontonunu, Lantari Jaya, dan Mata Usu.

Di Kabupaten Wakatobi potensi hujan sedang hingga lebat dapat mengguyur wilayah Kecamatan Tomia, dan Tomia Timur. Selain itu, potensi hujan lebat dapat terjadi di Kota Baubau di Kecamatan Betoambari, Wolio, Sorawolio, Bungi, Kokalukuna, Lea-lea, dan sekitarnya.

Selain di 11 daerah tersebut, potensi hujan sedang hingga lebat juga dapat terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kolaka Timur dan Kota Kendari

BMKG Sultra mengimbau agar masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak potensi cuaca hujan lebat yang dapat ditimbulkan seperti banjir, genangan, angin kencang, pohon tumbang, hingga jalan licin.*



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BMKG: Hujan lebat berpotensi guyur sebagian besar wilayah Sultra
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2022