UM Buton dipercaya jadi tuan rumah pelantikan dua rektor baru di Sultra

id Berita Baubau

UM Buton dipercaya jadi tuan rumah pelantikan dua rektor baru di Sultra

Rektor Universitas Muhammadiyah Buton, Dr Wa Ode Al Zarliani, dan Ketua Panitia Peresmian Gedung UM Buton Convention Center yang juga Warek I UM Buton, Dr Samritin saat konferensi pers, di Baubau, Rabu. (Antara/Yusran)

Baubau (ANTARA) - Universitas Muhammadiyah (UM) Buton, Sulawesi Tenggara, telah menyiapkan penyelenggaraan pelantikan dua rektor yang baru di Sultra yakni Rektor Institute Teknologi dan Bisnis Muhammadiyah Kolaka serta Rektor Institute Teknologi dan Sains Muhammadiyah Kolaka Utara.

"Alhamdullilah, UM Buton sudah mendapat kepercayaan yang lebih dibanding yang lainnya untuk wilayah Sultra mengenai pelantikan rektor ini. Ini salah satu bukti kepercayaan Pimpinan Perserikatan Muhammadiyah dan kepercayaan masyarakat terhadap UM Buton," kata Wakil Rektor I UM Buton, Dr Samritin kepada sejumlah media, di Baubau, Rabu.

Pernyataan Samritin yang juga Ketua Panitia Peresmian Gedung UM Buton Convention Center tersebut sejalan dengan rangkaian kegiatan UM Buton dalam pelaksanaan peresmian gedung baru UM Buton yang terletak di Km 5 Kelurahan Kadalokatapi Kecamatan Wolio, yang akan dihadiri Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Dr Haedar Nashir bersama sejumlah rombongan, serta Pimpinan Pusat Aisyiyah, Majelis Dikti Litbang Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Lincolin Arsyad dan sekretarisnya Muhammad Sayuti.

"Jadi ada dua hari kegiatan itu yakni pada 16 dan 17 Mei 2022. Untuk dihari pertama itu kita pusatkan di Aula utama UM Buton adalah silaturahmi bersama seluruh warga perserikatan muhammadiyah se-wilayah kepulauan Buton, juga para pimpinan amal usaha muhammadiyah serta amal usaha yang lain. Kemudian juga pimpinan-pimpinan daerah Muhammadiyah se-wilayah kepulauan Buton yakni Kota Baubau, Kabupaten Buton, Busel, Buteng, Butur, dan Wakatobi, serta Pimpinan Daerah Muhammadiyah Muna Barat, dan Muna," ujarnya.

Selain itu, lanjut dia, juga akan hadir bupati dan Walikota Baubau, para rektor atau pimpinan Muhammadiyah se-Sultra dengan pimpinan perguruan tinggi Muhammadiyah atau para rektor wilayah Sulawesi yang lain, yakni Rektor Universitas Muhammadiyah Sinjai, Rektor Muhammadiyah Barru, Rektor Muhammadiyah Enrekang, Rektor Muhammadiyah Bulu Kumba, dan Rektor Universitas Muhammadiyah Makassar.
        
"Jadi cukup banyak yang datang dari pusat juga. Dan kegiatan silaturahmi itu akan berlangsung dari pukul 20.00 Wita sampai selesai dan dipandu langsung Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sultra," kata Samritin yang turut diyakinkan oleh Rektor UM Buton, Dr Wa Ode Al Zarliani.   

Lebih lanjut dikatakan Samritin, pada pelantikan rektor-rektor tersebut yang juga akan didampingi oleh masing-masing Ketua Badan Pembina Hariannya itu, juga dipastikan hadir bupati Kolaka dan Kolaka Utara yang merupakan kampus baru itu berada. Pelantikan akan digelar di gedung Convention Center UM Buton.

"Jadi kegiatan di hari kedua itu digelar peresmian gedung convention center dirangkaikan dengan pelantikan para rektor perguruan tinggi Muhammadiyah yang baru itu.  Jadi baru kali pertama pelantikan rektor-rektor itu ada dikampus yang lain, biasanya dilaksanakan pelantikannya di kampus masing-masing. Ini salah satu bukti kepercayaan Pimpinan Perserikatan Muhammadiyah, kepercayaan dari masyarakat terhadap UM Buton," katanya.

Olehnya itu juga, pihaknya berharap dengan kegiatan tersebut, Muhammadiyah secara keseluruhan bisa terus menjadi pencerah atau fasilitator utama dalam penyelenggaraan pendidikan di wilayah Indonesia khususnya wilayah Sulawesi dan lebih khusus di wilayah Baubau.

Dia juga menyebutkan bahwa gedung convention center yang akan diresmikan itu memiliki kapasitas yang dapat menampung sekitar 4.000 orang, namun dalam pelaksanaan pelantikan tersebut pihaknya akan hanya mengundang sekitar 500 orang mengingat masih dalam suasana pandemi dan belum dinyatakan berakhir oleh pemerintah, sehingga pihaknya berupaya memutus penyebaran COVID-19.
 
"Gedung itu sudah dilengkapi dengan halaman parkir yang cukup luas. Kemudian juga dilengkapi sejumlah fasilitas pendukung dan di dalam gedung sudah ada video tron ukuran besar," ujarnya.
 
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2022