Menaker minta akselarasi kompetensi angkatan kerja di Sulawesi Tenggara

id Menaker, minta, akselarasi, kompetensi, angkatan, kerja, Sultra

Menaker minta akselarasi kompetensi angkatan kerja di Sulawesi Tenggara

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah saat kunjungan kerja di BLK Kendari, Jumat (26/11/2021) (ANTARA/Harianto)

Kendari (ANTARA) - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah meminta agar adanya sinergitas dalam mengakselarasi peningkatan kompetensi bagi tenaga kerja yang ada di Provinsi Sulawesi Tenggara.

Menteri Ida Fauziyah menyampaikan hal itu saat melakukan kunjungan kerja di Balai Latihan Kerja (BLK) Kendari, Sulawesi Tenggara dalam rangka menghadiri penyerahan hibah tanah dan bangunan milik Provinsi Sulawesi Tenggara kepada Kementerian Ketenagakerjaan, di Kendari, Jumat.

Dia menyampaikan hal itu demi menjawab dan menyesuaikan dengan kemajuan Industrialisasi saat ini termasuk di Sulawesi Tenggara karena angkatan kerja di daerah itu rata-rata pendidikannya di bawah SMP.

"Kemajuan industrialisasi seperti di Sulawesi Tenggara ini dengan komposisi angkatan kerja yang pendidikannya SMP ke bawah maka tidak ada pilihan kita harus mengakselerasi peningkatan kompetensinya," katanya.

Menaker menjelaskan, salah satu yang bisa dilakukan untuk mengakselarasi kompetensi angkatan kerja dengan memperbanyak pelatihan vokasi melalui balai pemerintah serta pusat pelatihan (training center) yang ada di perusahaan perusahaan.

"Industrialisasi yang cukup terutama pada sektor pertambangan saya kira harus diimbangi dengan tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhan industrialisasi itu," kata menaker.

Menaker meyakini bahwa pemerintah provinsi, maupun kabupaten/kota di Sultra memiliki konsen yang sama dalam peningkatan kompetensi tenaga kerja.

"Pemerintah provinsi menyerahkan lahan dan bangunnya, kami akan mempertimbangkan keinginan pemerintah provinsi yang saya kira itu mencerminkan keyakinan masyarakat karena didukung oleh DPRD untuk menjadikan BLK Kendari ini bertaraf internasional," ujar dia.

Menaker dalam melakukan kunjungan kerja di Sultra didampingi Dirjen Pembinaan Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Kemenaker Budi Hartawan dan rombongannta yang disambut Sekretaris Daerah Sultra Nur Endang Abbas, Ketua DPRD Sultra Abdurrahman Shaleh, Kepala BLK Kendari La Ode Haji Polondu dan OPD serta Forkopimda lingkup Sultra.

Dalam kunjungan kerjanya di BLK Kendari Kemnaker juga meninjau workshop audio video dan workshop otomotif.
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2022