Muna dorong percepatan cakupan vaksinasi COVID-19

id Muna, dorong, percepatan, cakupan, vaksinasi, COVID-19

Muna dorong percepatan cakupan vaksinasi COVID-19

Wakil Bupati Muna Bahrun Labuta (kanan) saat meninjau pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di daerah itu, Kamis (25/11/2021) (ANTARA/HO-Satgas COVID-19 Kabupaten Muna)

Kendari (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Muna, Provinsi Sulawesi Tenggara mendorong percepatan cakupan vaksinasi di daerah itu guna meningkatkan imun tubuh masyarakat sehingga terbentuk ketahanan komunal dari risiko terinfeksi COVID-19 dan variannya.

Ketua Pelaksana Harian Satgas COVID-19 Muna Dahlan Kalega saat diwawancara melalui selulernya dari Kendari, Kamis (25/11) malam mengatakan, saat ini gerai vaksinasi dibuka di setiap kecamatan dan beberapa sekolah tingkat SMP di daerah tersebut.

"Untuk percepatan vaksinasi, titik vaksin hari ini hampir semua kecamatan dan beberapa sekolah SMP dalam Kota Raha, seperti SMPN 2 dan SMPN 4 Raha," kata dia.

Pemerintah setempat terus mendorong agar masyarakat mau melakukan vaksinasi COVID-19 sehingga bisa mencapai target hingga 80 persen pada Desember 2021 mendatang dimana saat ini baru mencapai sekitar 28 persen.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Muna ini menuturkan, ia bersama Wakil Bupati Muna Bahrun Labuta melakukan pengecekan langsung di beberapa titik pelaksanaan vaksinasi COVID-19, seperti Pelabuhan Nusantara Raha, Kecamatan Lasalepa dan Kecamatan Napabalano.

"Dalam peninjauan itu Wakil Bupati Muna mengadakan komunikasi langsung dengan para dokter dan masyarakat yang melakukan vaksinasi," ujar dia.

 
Wakil Bupati Muna Bahrun Labuta (kiri), Kepala Pelaksana BPBD Muna Dahlan Kalega (kanan) saat meninjau pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di daerah itu, Kamis (25/11/2021) (ANTARA/HO-Satgas COVID-19 Kabupaten Muna)



Dikatakannya, peninjauan yang dilakukan Wakil Bupati Muna di tempat pelaksanaan vaksin bersifat rutin dan akan terus dilakukan sampai Desember 2021.

"Cakupan vaksin hari ini di tempat pemantauan di pelabuhan Nusantara Raha kurang lebih 450 orang yang divaksin, di Desa Bonea Kecamatan Lasalepa sekitar 300 orang, di Kecamatan Napabalano khusus Kelurahan Napabalano dan Tampo sekitar 200 orang," ujar Dahlan.

Dia juga mengajak kepada seluruh masyarakat di daerah tersebut agar berpartisipasi menyukseskan vaksinasi COVID-19 sehingga daerah itu bisa keluar dari pandemi virus corona jenis baru dan variannya.
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2021