PKK Kota Kendari dorong warga kembangkan sayuran organik pada masa pendemi

id sayuran organik,pkk kendari

PKK Kota Kendari dorong warga kembangkan sayuran organik pada masa pendemi

Ketua TP PKK kendari, Sri Lestari Sulkarnain saat membagikan bantuan benih dan pupuk organik kepada warga di Puuwatu, Kamis. (Antara/HO-Diskominfo Kendari)

Kendari (ANTARA) - Tim Penggerak PKK Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, mendorong warga setempat senantiasa memanfaatkan lahan pekarangan untuk mengembangkan tanaman ataupun sayuran organik pada masa pandemi COVID-19.

"Tanaman buah dan sayur merupakan kebutuhan yang sangat diperlukan, utamanya di masa pandemi untuk menjaga imunitas tubuh guna  menghindarkan diri dari paparan virus," kata Ketua PKK Kendari Sri Lestari Sulkarnain usai menyerahkan bantuan benih sayuran dan pupuk organik kepada warga di Kecamatan Puuwatu, Kamis.

Dalam kesempatan itu Sri Lestari juga menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba demonstrasi plot (demplot) Balai Penyuluh Pertanian atau BPP se-Kota Kendari tahun 2021.

Ia mengatakan dalam situasi pandemi saat ini tubuh harus selalu mendapat suplai gizi dari makanan yang sehat yang memenuhi seluruh unsur yang dibutuhkan tubuh.

"Kita perlu menjaga suplai makanan dalam tubuh, baik itu terkait keseimbangan karbohidrat, protein nabati maupun hewani, serta vitamin yang berasal dari sayur dan buah. Hal ini juga sesuai dengan Program Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat), selain berolahraga, mengecek kesehatan secara teratur, tidak merokok dan menjaga kebersihan lingkungan, kita juga harus membiasakan diri untuk mengonsumsi buah dan sayuran," katanya.

Sri Lestari berharap lomba demplot ini bukan hanya sekadar lomba tetapi dilakukan dengan asas manfaat, pemenuhan kebutuhan sehari-hari maupun sebagai cadangan di hari mendatang.

"Saya kira inilah yang menjadi pertimbangan bagi kita agar dapat membiasakan diri makan makanan yang sehat serta menanam yang mempunyai manfaat baik dari segi ekonomi dan kesehatan,” ujarnya.
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2021