KPU Sulawesi Tenggara bentuk Desa Peduli Pemilu di Kendari

id KPU, Sultra, bangun, desa, peduli, pemilu, Kendari

KPU Sulawesi Tenggara bentuk Desa Peduli Pemilu di Kendari

Suasana MoU KPU Sultra dan jajaran pemerintah Kelurahan Wundumbatu, Kecamatan Poasia, Kota Kendari terkait program Desa Peduli Pemilihan, Jumat (8/10/2021). ANTARA/HO-Humas KPU Sultra

Kendari (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Tenggara mendorong kesadaran masyarakat untuk berpartisipasi pada pemilu melalui Program Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan (DP3) di Kota Kendari.

Ketua KPU Sultra La Ode Abdul Natsir Muthalib di Kendari, Jumat, mengatakan Program DP3 merupakan sarana pendidikan pemilih tingkat desa secara berkesinambungan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dan kepedulian masyarakat terhadap pemilu.

"Pada intinya tujuan dari semua program-program yang diluncurkan KPU bertujuan untuk menghasilkan pemilu yang berkualitas, berintegritas, dan bertanggung jawab," kata dia usai melakukan Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) Desa Peduli Pemilihan dengan Kelurahan Wundumbatu,Kecamatan Poasia, Kota Kendari tentang Pelaksanaan Program Desa/Kelurahan Peduli Pemilihan Umum dan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur dan atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

KPU Sultra menetapkan Kelurahan Wundumbatu di Kecamatan Poasia sebagai wilayah program tersebut. Penetapan kelurahan tersebut sebagai titik Program DP3 dilakukan setelah melakukan pemeringkatan kriteria sebagaimana terdapat dalam juknis.

"Adapun kriteria yang dimaksud, yakni partisipasi pemilih rendah, potensi pelanggaran pemilu tinggi, potensi konflik tinggi, dan masuk daerah rawan bencana alam," jelas dia.

KPU Sultra mengharapkan program itu mendapatkan dukungan semua pihak sehingga apa yang menjadi tujuan utama dari program ini dapat tercapai.

"Kita berharap melalui program tersebut angka partisipasi masyarakat terhadap pemilu dapat tercapai dengan baik dengan hasil yang sangat memuaskan," ujar Natsir.

Camat Poasia, Yahya mengatakan pihaknya siap mendukung dan menyukseskan program tersebut sehingga apa yang menjadi tujuan utama dapat tercapai.

"Pemerintah di Kelurahan Wundumbatu bersama seluruh masyarakat akan siap mendukung dan bekerja sama dengan KPU untuk menyuksekan kegiatan tersebut," ujar dia.

Ketua KPU Kendari Jumwal Shaleh mengatakan akan selalu siap dan berkoordinasi dengan KPU Sultra terkait dengan hal-hal teknis yang berkaitan dengan program tersebut.

"Dalam waktu dekat kami bersama Kesbagpol Kendari akan melakukan sosialisasi terkait dengan program DP3. Program ini diharapkan dapat terlaksana dengan baik dan dilakukan secara terus menerus dan berkesinambungan," kata Junwal Shaleh.
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2021