Asrun Lio pimpin IKA UNHAS Koordinator wilayah Sultra

id ika unhas

Asrun Lio pimpin IKA UNHAS Koordinator wilayah Sultra

Ketua Umum IKA Unhas Koordinator Wilayah Sultra Masa Bakti 2021-2025, Drs Asrun Lio MHum PhD melakukan penandatanganan di hadapan Wakil Ketua Umum DPP IKA Unhas Pusat, Prof Dr dr Idrus A Paturusi Sp B Sp OT (K), (25/9) di Kendari. (foto Antara/Azis Senong)

Kendari (ANTARA) - Drs Asrun Lio MHum PhD resmi dilantik sebagai Ikatan Alumni (IKA) Univeritas Hasanuddin (Unhas) Koordinator Wilayah Sulawesi Tenggara masa bakti 2021-2025.

Pelantikan tersebut dilakukan secara virtual dan disaksikan dua tokoh nasional yang juga lulusan Unhas yakni Menteri Pertanian RI Dr H Syahrul Yasin Limpo SH MSi MH dan Wakil Ketua MK RI, Prof Dr Aswanto SH MSi DFM.

Dalam pelantikan tersebut, Asrun Lio MHum PhD yang juga selaku Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sultra resmi mengemban amanah sebagai Ketua Umum IKA Unhas Koordinator Wilayah Sultra Masa Bakti 2021-2025, dan Wakil Gubernur Sultra, Dr H Lukman Abunawas SH MSi MH selaku Ketua Dewan Penasehat.

Adapun kegiatan pelantikan dilakukan oleh Ketua Umum DPP IKA Unhas Pusat Dr Drs H Muhammad Jusuf Kalla yang diwakilkan kepada Prof Dr dr Idrus A Paturusi Sp B Sp OT (K) selaku Wakil Ketua Umum DPP IKA Unhas Pusat.

Sejumlah deretan nama tokoh penting Provinsi Sultra pun turut dalam SK Kepengurusan IKA Unhas Koordinator Wilayah Sultra Masa Bakti 2021-2025, diantaranya dewan penasehat yakni Dr H MZ Amirul Tamim MSi, Ridwan Bae, Rusman Emba ST MM, dr Hj Siska Karina Imran SKM, Dr Zamrud Sp THT, Prof Dr Hasan Aedy SE MSi, Prof Dr H La Onu La Ola SE MS, Sabir Akhmad SE MSi, Dr Alamsyah Lotunani MSi, hingga Prof Dr Ir Larianda Baka MSi.
 
Ketua Umum DPP IKA Unhas Pusat, Prof Dr dr Idrus A Paturusi Sp B Sp OT (kanan) saat menyampaikan sepatah kata kepada Pengurus IKA Unhas Koordintaor Sultra usai pengukuhan. Ffoto Antara/Azis Senong)

Selanjutnya, jabatan Wakil IKA Unhas Koordinator Wilayah Sultra Masa Bakti 2021-2025 oleh Syamsul Anam SE M Ec Dev, Sekretaris Umum oleh Andi Syahrir STP MSi, dan Bendahara Umum, drg Hj Ulfiandani Sultriany Imran.  Untuk dewan pakar diketuai oleh Dr Ir Anas Nikoyan dan Wakilnya Dr Ir H Pahri Yamsul MSi, dan beranggotakan 15 orang diantaranya Dr H Akhmad Firman SE MSP, Prof Dr H Arifuddin SE MSi Ak CA ACPA CTA, Prof Dr Ir M Takdir Saili, dr Rabiul Awal Sp B (K) BD, Irwan Zainuddin, hingga Ir H Syahrir MT.

Dalam kesempatan itu, Wakil Ketua Umum DPP IKA Unhas Pusat, Prof Dr dr Idrus A Paturusi Sp B Sp OT (K) mengungkapkan rasa harunya saat mendengarkan ucapan riuh para peserta yang hadir, tepatnya ketika Mars Unhas dikumandangkan memecah keheningan ruangan, karena mengenang masa-masa ospek di Kampus Unhas. Artinya, masih dia, rasa terhadap Unhas masih terasa kental sehingga perasaan tersebut sedapat mungkin diaktualisasikan untuk membangun citra almamater yang lebih baik.

"Sebenarnya, besar keinginan Ketua Umum DPP IKA Unhas Pusat, Pak Jusuf Kalla untuk datang ke sini (Sultra,red) terlebih telah direncanakan jauh hari, namun beliau baru saja pulang dari Amerika melakukan kontrol kesehatan secara rutin, sehingga amanah melantik Pengurus IKA Unhas Sultra diserahkan kepada saya," ucapnya.

Dia melanjutkan, berbicara tentang alumni maka tidak lepas dari peranan almamater, dimana memberikan andil kuat menjadikan Unhas lebih baik dan terbaik, karena dilihat dari keberhasilan para alumninya mampu melibatkan diri terhadap pembangunan negeri melalui penempatan posisi-posisi cukup strategis.

Idrus A Paturusi mengungkapkan, saat ini alumni Unhas hampir mencapai 200 ribu orang yang tersebar dimana-mana. Melalui sistem yang teratur, pihak Unhas terus berkomunikasi dengan alumni, terkait kegiatan digeluti termasuk jabatan yang diemban, sehingga dari data tersebut membantu peningkatan akreditasi kampus. Sebelum menutup sambutan, dirinya memberikan pesan kepada Ketua IKA Unhas Sultra terpilih untuk menjalankan amanah tersebut dengan penuh tanggung jawab.
 
Ketua Umum IKA Unhas Koordinator Wilayah Sultra Masa Bakti 2021-2025, Drs Asrun Lio MHum PhD melakukan penandatanganan di hadapan Wakil Ketua Umum DPP IKA Unhas Pusat, Prof Dr dr Idrus A Paturusi Sp B Sp OT (K), (25/9) di Kendari. (Foto Antara/Azis Senong)

"Adinda Ketua Umum (Asrun Lio,red), mari jalan terus karena ibarat naik sepeda, kalau berhenti maka akan jatuh. Demikian dengan air yang mengalir di sungai, kita tidak akan menemukannya lagi. Jadi pergunakan kesempatan adinda untuk menjadi lebih baik dalam melaksanakan amanat organisasi. Semoga melalui wadah ini dapat menjadikan kita sebagai individu lebih amanah, baik baik untuk bangsa maupun negara," harapnya.

Mewakili Rektor Unhas Makassar oleh Wakil Rektor III, Prof Dr drg A Arsunan Arsin MKes, dalam kesempatan itu juga menyampaikan sambutan dan arahan Rektor Unhas Makassar.
 
"Salam hangat dari Pak Rektor untuk semua alumni yang ada di Sultra. Awalnya beliau bersedia datang, namun selama tiga hari kedepan kegiatan telah terjadwal
dan tidak bisa diwakilkan, sehingga kesempatan ini dipercayakan kepada saya," tuturnya.

Arsunan Arsin mengakui, hingga saat ini kegiatan universitas terus bersinergi, baik antara alumni maupun dengan perguruan tinggi, demi kemajuan almamater Unhas.  Dia pun berharap, agar alumni Unhas terus berkarya di manapun berada, karena akan berdampak pada almamater Unhas itu sendiri, yang tentunya berorientasi pada kemajuan bangsa dan negara.

Ketua Dewan Penasehat IKA Unhas Koordinator Wilayah Sultra Masa Bakti 2021-2025, yang juga Wakil Gubernur Sultra, Dr H Lukman Abunawas SH MSi MH mengungkapkan rasa bangga bisa menjadi bagian dari keluarga IKA Unhas Sultra. 

"Semoga pascapelantikan ini, memacu diri kita untuk terus menuntut ilmu tanpa batas dan bagi saya pribadi yakni melakukan pengabdian tanpa batas, yang semata-mata insya allah bagi bangsa dan negara," tuturnya.

Ketua PDIP Provinsi Sultra ini melanjutkan, oleh karena itu IKA Unhas Sultra harus tetap bersinergi dengan program pemerintah, sekaligus menjadi modal kepercayaan kepada masyarakat,  almamater, dan terpenting kepada sang pencipta.

Menjadi bagian dari IKA Unhas, Wagub Sultra pun menjabarkan sejumlah program stategis dalam pembangunan Sultra bersama pasangannya Gubernur Sultra, H Ali Mazi SH, yakni diantaranya Program Sultra Cerdas yang dilaksanakan Dikbud Sultra.
 
Ketua Umum IKA Unhas Koordinator Wilayah Sultra Masa Bakti 2021-2025, Drs Asrun Lio MHum PhD melakukan penandatanganan di hadapan Wakil Ketua Umum DPP IKA Unhas Pusat, Prof Dr dr Idrus A Paturusi Sp B Sp OT (K), di Kendari (25/9). (Foto Antara/Azis Senong)

Sementara itu, Ketua Umum IKA Unhas Koordinator Wilayah Sultra Masa Bakti 2021-2025, Drs Asrun Lio MHum PhD menyatakan kesiapannya untuk melaksanakan amanat organisasi, atas izin Allah SWT. "Insya Allah, atas izin Allah SWT kami siap mengibarkan panji-panji IKA Unhas ke seluruh wilayah Provinsi Sultra sebagai sarana beramal ibadah di dunia dan akhirat," ucap Akademisi Mornene Bombana ini saat menerima bendera IKA Unhas. 

Alumni S3 The Australian National University of Cambera ini pun menyampaikan, adapun tema yang diangkat dalam kegiatan pelantikan yang dirangkaian dengan temu alumni IKA Unhas tersebut cukup singkat yakni ilmu amal padu mengabdi.

Dalam kesempatan itu juga, dua tokoh nasional usai mengikuti jalannya proses pelantikan IKA Unhas Sultra yakni Menteri Pertanian RI Dr H Syahrul Yasin Limpo SH MSi MH secara virtual menyampaikan orasi kebangsaannya. Sedangkan Wakil Ketua MK RI, Prof Dr Aswanto SH MSi DFM menyampaikan orasi ilmiahnya.
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2021