Dinas Pertanian Kendari beri bantuan petani hingga pemasaran produk

id Dinas, Pertanian, Kendari, beri, bantuan, petani, hingga, pemasaran, produk

Dinas Pertanian Kendari beri bantuan petani hingga pemasaran produk

Arsip - Kepala Dinas Pertanian Kendari Sitti Ganef (ANTARA/Harianto)

Kendari (ANTARA) - Dinas Pertanian Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) memberikan berbagai macam bantuan mulai dari benih, peralatan bertani hingga pemasaran produk guna mendukung kemajuan para petani yang di daerah itu.

Kepala Dinas Pertanian Kendari Sitti Ganef saat diwawancara melalui telepon selulernya di Kendari, Jumat mengatakan pihaknya terus memperhatikan kondisi para petani baik pada tanaman pangan (padi), hortikultura (sayur dan buah), dan sektor peternakan.

"Kita memberi bantuan berupa traktor tangan, cultivator, serta benih untuk tanaman sayur dan buah-buahan hingga benih untuk sektor peternakan," kata dia.

Dinas Pertanian Kendari menyiapkan sebanyak 65 penyuluh pertanian untuk mendampinggi para petani termasuk menyiapkan 9 Balai Penyuluh Pertanian (BPP) yang tersebar di kota itu.

Di momen Hari Tani Nasional, pihaknya berkomitmen melaksanakan tugas pembangunan di sektor pertanian dengan baik khususnya sumber daya manusia (SDM) petani itu sendiri.

"Jadi bagaimana petani padi sawah kita bisa eksisi dan berkesinambungan dalam melakukan proses produksinya. Ya... tentu kita memikirkan mulai dari sarana prasarana alsintannya," ujar dia.

Dinas Pertanian Kendari juga membantu para petani dengan memasarkan hasil produk mereka melalui pasar keliling yang dilakukan setiap Jumat.

"Kita juga mendampingi agar mereka bisa mengupload (unggah) di media sosial sehingga produk mereka bisa dikenal dan tidak ada yang tertinggal," kata Ganef.

Menurut Ganef pertumbuhan pertanian di kota itu terus berjalan dengan baik meski masih dalam situasi pandemi COVID-19 karena pihaknya terus mendampingi petani-petani di daerah tersebut.
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2021