Pemerintah naikkan nilai skema KUR tanpa jaminan menjadi Rp100 juta

id Pemerintah, naikkan, nilai, sekama, KUR, tanpa, jaminan, menjadi, Rp100, juta

Pemerintah naikkan nilai skema KUR tanpa jaminan menjadi Rp100 juta

Kepala Kanwil DJPb Sultra Arif Wibawa saat diwawancara terkait peningkatan skema KUR, Jumat (24/9/2021). (ANTARA/Harianto)

Kendari (ANTARA) - Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Sulawesi Tenggara menyebut saat ini pemerintah menaikkan nilai skema kredit usaha rakyat (KUR) tanpa jaminan dari Rp50 juta menjadi Rp100 juta.

Kepala Kanwil DJPb Sultra Arif Wibawa di Kendari, Jumat mengatakan saat ini pemerintah mengeluarkan beberapa kebijakan dalam rangka meningkatkan penggunaan KUR oleh masyarakat.

"Kebijakan tambahan stimulus di tahun ini antara lain peningkatan skema KUR yang tanpa jaminan dari 50 juta menjadi 100 juta," kata dia.

Kebijakan lainnya yang dikeluarkan pemerintah, yaitu penambahan skema KUR khusus untuk sektor industri UMKM atau komoditas sektor produktif lain, pengaturan penerima KUR bersamaan kredit lain serta perpanjangan tambahan subsidi bunga menjadi 3 persen sampai Desember 2021.

Pemerintah telah menyusun berbagai program yang digunakan untuk menggerakkan sektor publik seperti bantuan langsung tunai serta bantuan kredit program seperti KUR.

Program tersebut didorong oleh pemerintah pusat untuk menggerakkan sektor masyarakat terdampak pandemi COVID-19 dan pemulihan ekonomi nasional (PEN).

Pemerintah menargetkan realisasi KUR tahun 2021 menjadi Rp253 triliun, naik dari tahun 2020 sebelumnya hanya sebesar Rp220 triliun.

Dia juga menyebut bahwa pemerintah tahun ini menganggarkan anggaran tambahan subsidi bunga sebesar 7,84 triliun dengan peningkatan plafon menjadi Rp258 triliun.

"Harapannya itu bisa dimanfaatkan sebesar-besarnya oleh masyarakat dalam rangka untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional," kata Arif Wibawa.
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2021