Imigrasi Kendari: 17 TKA yang masuk di Sultra sebelum PPKM

id Imigrasi, Kendari, 17, TKA, yang, masuk, Sultra, sebelum, PPKM

Imigrasi Kendari: 17 TKA yang masuk di Sultra sebelum PPKM

Kepala Seksi Lalu Lintas Keimigrasian Imigrasi Kendari Indra Gunawan, Kamis (29/7/2021). (ANTARA/Harianto)

Kendari (ANTARA) - Kantor Imigrasi Kendari menyebut kedatangan 17 tenaga kerja asing (TKA) beberapa waktu lalu di Provinsi Sulawesi Tenggara sebelum penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3.

Kepala Seksi Lalu Lintas Keimigrasian Imigrasi Kendari Indra Gunawan di Kendari, Kamis, mengatakan bahwa TKA tersebut masuk sebelum kebijakan penerapan PPKM skala mikro.

"Jadi 17 TKA asal China itu masuk sebelum pemberlakuan PPKM mikro di Sultra sekitar hari Jumat (9/7)  pagi," katanya.

Selain itu, kata dia, kedatangan para TKA asal Tiongkok ini juga sudah sesuai dengan protokol kesehatan yang sangat ketat.

Kedatangan mereka akan melanjutkan pembangunan smelter di salah satu perusahaan tambang yang berada di Desa Sopura, Kecamatan Pomalaa, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara.

Ia menyampaikan, ke-17 TKA tersebut secara resmi sudah terdata di pusat dan telah mengantongi kartu izin tinggal sementara atau Kitas maksimal 9 hingga 11 bulan.

Setibanya di Kabupaten Kolaka, para TKA tersebut langsung menjalani pemeriksaan COVID-19 dan dinyatakan negatif.

Selain itu, sebelum bekerja mereka harus menjalani isolasi mandiri yang telah disiapkan oleh pihak perusahaan.

“Saat ini mereka belum dipekerjakan oleh perusahaan masih menjalani isolasi dan 17 TKA juga bebas COVID-19 atau negatif," katanya.


Sebelumnya diberitakan belasan orang TKA asal Tiongkok tiba di Bandar Udara Halu Oleo Kendari menumpang pesawat dari maskapai Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA-604 dari Jakarta dengan tujuan Kabupaten Kolaka, pada Jumat pagi 9 Juli 2021 lalu.
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2021