Jambore PKK Buton Selatan tingkatkan perekonomian bagi pelaku UMKM

id Berita Busel

Jambore PKK Buton Selatan tingkatkan perekonomian bagi pelaku UMKM

Bupati Buton Selatan, La Ode Arusani (baju merah), Ketua TP-PKK Wa Ode Ruhania Arusani, dan unsur forkompimda setempat saat melihat kerajinan-kerajinan dan jajanan kuliner daerah itu pada jambore PKK dengan menggelar pameran UP2K-PKK tingkat daerah itu tahun 2021, di Busel, Kamis (17/6). (Foto Antara/Yusran)

Buton Selatan (ANTARA) - Pelaksanaan jambore Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Buton Selatan, Sulawesi Tenggara, yang dilaksanakan secara sederhana karena masa pandemi COVID-19 memberikan dampak peningkatan pendapatan bagi masyarakat setempat khususnya pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Kepala Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan Buton Selatan, La Hardin, melalui sambungan telepon dari Baubau, Sabtu, mengatakan kegiatan jambore PKK yang juga digelar pameran Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Kecamatan-Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (UP2K-PKK) di lapangan Lakarada Batauga daerah itu cukup menggerakan perekonomian bagi para pedagang.

"Ada dampaknya (perekonomian, red) karena kan ada pengunjung. Apalagi di situ (lapangan Lakarada, red) ada pedagang yang memang menjual setiap malam dan siang hari," ujarnya.

Jambore PKK dengan menggelar pameran UP2K-PKK yang menyuguhkan berbagai hasil kerajinan dan jajanan kuliner khas daerah setempat menarik perhatian para pengunjung tidak hanya warga dari tujuh kecamatan didaerah itu, tetapi ada juga warga dari daerah tetangga seperti Kota Baubau.

"Memang (jambore PKK, red) itu memberikan dampak ekonomi utamanya masyarakat pedagang disekitar lokasi. Apalagi memang disitu (lapangan) sudah ada yang menjual setiap malam dan siang hari walaupun tanpa ada pameran," ujar Hardin.

Lapangan Lakarada yang terletak di Kecamatan Batauga saat ini, kata dia, dijadikan pusat jajanan kuliner, sehingga masyarakat dari manapun yang berkunjung ke daerah pemilik objek wisata pantai jodoh ini bisa menikmati aneka jajanan kuliner yang disajikan.

"Tidak hanya pedagang dari sini (Busel), tapi di malam hari ada juga pedagang dari Baubau yang datang berdagang seperti pakaian di sini," katanya.
Suasana para devile kecamatan saat melintas didepan panggung utama pada kegiatan jambore PKK tingkat daerah itu tahun 2021 dan gebyar 4 tahun Ny.Waode Ruhania Arusani sebagai ketua organisasi perempuan daerah itu, di Lapangan Lakarada, Batauga, Busel, Kamis (17/6). (Foto Antara/Yusran)

Ekspos 4 tahun jambore PKK dengan menggelar pameran UP2K-PKK secara terbatas dengan dibuka Bupati Buton Selatan La Ode Arusani dan dihadiri unsur forkopimda setempat, Ketua TP-PKK, Wa Ode serta kepala OPD Lingkup Pemkab Buton Selatan pada Kamis (17/6), tetap menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker dan jaga jarak guna mencegah penyebaran COVID-19.

Selain itu, kegiatan tersebut juga menjadi ajang penegasan kepada masyarakat untuk senantiasa mematuhi protokol kesehatan dan mengimbau mengikuti vaksinasi yang diadakan langsung di lokasi kegiatan guna mendorong percepatan capaian sasaran vaksinasi didaerah pemilik 'pulau ular' ini.
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar