Pemkot Baubau apresiasi rumah kelola sampah Pelni

id Berita Baubau

Pemkot Baubau apresiasi rumah kelola sampah Pelni

Asisten II Setda Pemkot Baubau, Ibnu Wahid mewakili Walikota Baubau melihat dari dekat motor pengangkut sampah yang diserahkan secara simbolik pada peluncuran Rumah Kelola Sampah Kampung Pelni Baubau, di Baubau, Rabu. (Foto Antara/Yusran)

Baubau (ANTARA) - Pemerintah Kota Baubau, Sulawesi Tenggara,  mengapresiasi program tanggungjawab sosial dan lingkungan (TJSL) PT Pelni dalam bentuk Rumah Kelola Sampah (RKS) di Kelurahan Kadolokatapi, Kecamatan Wolio daerah itu.

"Tentunya kita sangat mengapresiasi kegiatan RKS Kampung Pelni ini, yang mana seharusnya Pelni selama ini berkaitan dengan laut namun sekarang yang kita saksikan memberikan manfaat sangat besar di darat," ujar Asisten II Setda Pemkot Baubau, Ibnu Wahid, pada peluncuran RKS Kampung Pelni, di Baubau, Rabu.

Ibnu yang mewakili Wali Kota Baubau tak lupa menyampaikan pesan permohonan maaf Wali Kota AS Tamrin atas  berhalangan hadir karena masih menjalankan tugas keluar daerah.

"Pesan-pesan dari Bapak Walikota Baubau bahwa RKS ini kami betul-betul mengapresiasi. Kita juga cukup senang, karena sebagaimana yang disampaikan pimpinan PT Pelni bahwa di Indonesia baru tiga RKS dan di Kota Baubau ini adalah yang ketiga setelah dua daerah sebelumnya," katanya

Baca juga: Pelni hadirkan Rumah Kelola Sampah di Baubau

Kehadiran RKS tersebut, menurut Ibnu, adalah wujud dari sebuah ekosistem yang harus dibangun dengan bersinergi dalam rangka peningkatan pertumbuhan ekonomi di Baubau.

Pendirian RKS Kampung Pelni itu juga, menurut dia menunjukkan bahwa lalulintas kapal Pelni di daerah itu cukup besar, sehingga menjadi perhatian pihak perusahaan moda transportasi laut tersebut.

"Saya kira ini bukan sesuatu yang tiba-tiba saja (dibangun, red), saya kira ini jauh melalui analisasi dan kajian sehingga RKS ini bisa terwujud di Kota Baubau," ujar Ibnu yang juga Pelaksana Tugas Kadis Lingkungan Hidup Baubau.

Ia juga mengaku akan terus memonitoring apa yang dihasilkan dari RKS itu agar lebih bagaimana menyamakan persepsi.

"Ke depan kita harapkan tidak hanya dikelurahan ini saja, makanya sinergitas Pelni dan OPD-OPD terkait untuk menyamakan persepsi sebagai wujud yang namanya 'HITS' yakni holistic, integral, tematik, dan parsiar," katanya.
Asisten II Setda Pemkot Baubau, Ibnu Wahid mewakili Wali Kota Baubau melakukan pengguntingan pita peluncuran Rumah Kelola Sampah Kampung Pelni Baubau, di Baubau, Rabu. (Foto Antara/Yusran)

Peluncuran RKS Kampung Pelni, yang secara virtual oleh Dirut PT Pelni, Insan Purwarisya L Tobing, juga digelar penyerahan fasilitas RKS berupa motor pengangkut sampah oleh Walikota Baubau yang diwakili Asisten II Setda Pemkot Baubau kepada masyarakat, serta penyerahan bantuan program TJSL PT Pelni oleh Kepala PT Pelni Cabang Baubau, Juni Samsudin Sitorus kepada Lurah Kadolokatapi mewakili penerima.
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar