Pelaku UMKM sebut Munas Kadin Berkah bagi Sultra

id kadin munas

Pelaku UMKM sebut Munas Kadin Berkah bagi Sultra

Salah satu pelaku UMKM Kota Kendari, Ali Rahman di Kendari, Kamis.  (Foto ANTARA/Azis Senong)

Kendari (ANTARA) - Musyawarah Nasional (Munas) Kamar Dagang dan Industri (KADIN)  di  Kendari, Provinsi Sultra yang rencananya akan dihadiri Presiden Joko Widodo  pada minggu ketiga Juni 2021  dipandang membawah berkah bagi para pelaku Usaha Makro Kecil dan menagah (UMKM) di kota ini.

"Jika Presiden benar-benar hadir saat Munas Kadin itu, maka sudah pasti akan diikuti sejumlah menteri dan pengusaha nasional. Bisa jadi salah satu rombongan presiden yang akan datang adalah Menteri Investasi dan Kepala BKPM Bahlil Lahadalia. Jika seperti itu, maka Munas Kadin tidak hanya sekadar seremoni belakang, ini akan menjadi berkah bagi Provinsi Sultra khususnya Kota Kendari," Salah satu pelaku UMKM Kota Kendari, Ali Rahman di Kendari, Kamis. 

Ia mengatakan, kegiatan nasional seperti Munas, tentu semua "mata" bakal menatap Sultra apa yang akan dihasilkan saat Munas nanti. Baik untuk bangsa, negara, maupun khusus untuk daerah. 

Ali Rahman yang juga  pemilik Kedai Ratu Alam (usaha rumah makan khas daerah Muna) mengatakan Munas Kadin bukan sekadar pemilihan ketua umum, tetapi akan menjadi momentum kebangkitan ekonomi nasional. 

"Penunjukan Sultra sebagai tuan rumah Munas Kadin akan menjadi ajang promosi hasil-hasil bumi anoa. Mungkin, selama ini Sultra hanya dikenal di Indonesia bahkan di dunia karena tambang nikel dan aspalnya," katanya. 

 
Pengurus Kadin Provinsi Sultra berfoto dengan Gubernur Sultra Ali Mazi di Kota Kendari pada Mei 2021 lalu.  (Foto ANTARA/Azis Senong)

Padahal, lanjat pengurus KNPI Kota Kendari,  ada hasil-hasil bumi lain yang selama ini menjadi komoditas unggulan di Sultra. Komoditas itu bahkan diklaim menjadi milik daerah lain. Seperti coklat, mete,  dan banyak lagi hasil perikanan yang lain," jelas Ali Rahman, yang juga salah satu pengurus Kadin Sultra. 

Menurut Ali, pertemuan para pengusaha di Munas Kadin Sultra akan melirik komoditas-komoditas unggul Provinsi Sultra. terutama komoditas ekspor.

Mantan Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fisip UHO ini mengatakan, khusus untuk pelaku UMKM, momen Munas akan menjadi berkah, terutama pelaku UMKM di Kota Kendari. Menurut Ali, kesempatan para pelaku UMKM untuk promosi di arena Munas Kadin.

Munas Kadin di Sultra, juga merupakan pertanda bahwa ada migrasi kekuatan ekonomi baru di Indonesia Timur. Tidak lama lagi Sultra akan menjadi kekuatan ekonomi Indonesia Timur, katanya.

"Khusus para pelaku usaha kuliner, penginapan, oleh-oleh khas Sultra, juga akan mendapat keuntungan dengan penyelenggaraan Munas Kadin. Sudah pasti ekonomi Sultra, khususnya Kota Kendari bakal bergeliat, " tuturnya.
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2021