Di Watubanga Kolaka, Pelaksanaan Salat Idul Fitri Menerapkan Prokes

id Kolaka

Di Watubanga Kolaka, Pelaksanaan Salat Idul Fitri Menerapkan Prokes

Jamaah idul fitri yang harus melalui rangkaian protokol kesehatan covid sebelum masuk areal masjid Nurul Yakin Watubangga Kolaka, Kamis. (Foto ANTARA/Suparman)

Kolaka (ANTARA) - Pelaksanaan salat idul fitri 1442 hijriah di Kelurahan Watubangga, Kecamatan Watubangga, Kabupaten Kolaka berlangsung penuh hikmah dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) penanganan COVID-19, Kamis.



Pelaksanaan salat idul fitri di tempat ini dilaksanakan di Masjid Nurul Yakin Watubangga, sesuai edaran Menteri Agama terkait panduan pelaksasnaan idul fitri 2021, maka ketika masjid sudah terisi 50 persen dari kapasitas jamaah masjid, maka jamaah terpaksa membuat saf di luar masjid hingga sampai ke jalan raya.



Setiap jamaah yang datang maka harus melalui tes suhu atau thermogun, diberi handsanitaser, panitia juga menyiapkan masker bagi jamaah yang tidak membawa masker.



Meskipun di dalam masjid sudah menerapkan pengaturan jarak antara satu jamaah dengan jamaah lain, namun untuk jamaah di luar masjid tidak semua menerapkan anjuran menjaga jarak.



Pantauan, warga sudah berbondong bondong mendatangi tempat pelaksanaan salat idul fitri mulai pukul 06.00 wita sampai pada pelaksanaan rangkaian salat pada pukul 07.15 wita.



Camat Watubangga, Guntur Sihandoko, menyampaikan sambutan Bupati Kolaka Ahmad Safei yang meminta kepada seluruh masyarakat Kolaka untuk ikut membantu pemerintah putus mata rantai penyebaran corona.



Sedangkan pengantar tata cara salat idul fitri adalah Hisbullah dan Imam salat adalah buat Sakaruddin dan khatib dari KUA Watubangga.



Usai rangkaian salat idul fitri, jamaah kemudian langsung meninggalkan lokasi, meski masih terlihat ada beberapa yang salaman tetapi warga kelihatan membatasi untuk salaman sebagaimana anjuran surat edaran Menag.

Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar