BI Sultra menggagas pengembangan website UMKM guna promosi produk unggulan

id BI, BU Sultra, sulawesi tenggara, umkm

BI Sultra menggagas pengembangan website UMKM guna promosi produk unggulan

Suasana rapat koordinasi pengembangan website UMKM yang digagas oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Tenggara, Rabu (21/4/2021). ANTARA/Harianto

Kendari (ANTARA) - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Sulawesi Tenggara menggagas pengembangan website bagi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) sehingga dapat mempromosikan produk-produk unggulan yang ada di provinsi itu.

Kepala KPwBI Sultra Bimo Epyanto di Kendari, Rabu, mengatakan dalam upaya pengembangan website UMKM pihaknya menggandeng pihak-pihak lainnya seperti Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda), Disperindak, Dinas Koperasi dan UMKM setempat dan pihak terkait lainnya.

"Intinya, kami akan erat untuk bekerja sama untuk mengembangkan suatu website yang tujuannya untuk mempromosikan produk-produk unggulan dari UMKM yang ada di Sulawesi Tenggara," kata Bimo usai menggelar rapat koordinasi pengembangan website UMKM Sulawesi Tenggara.

Ia menyampaikan pengembangan website UMKM yang saat ini digagas oleh pihaknya akan mengintegrasikan antara promosi dan pemasaran hasil produk para dari para UMKM.

Oleh karena itu, ia berharap dengan pengembangan website UMKM ini kualitas produk unggulan dari para pengrajin maupun pengusaha dapat semakin ditingkatkan, serta mampu melakukan berbagai kreativitas dan inovasi untuk menarik minat para konsumen.

"Websitenya nanti tidak hanya yang fokus pada promosi, nanti juga ada website yang lebih fokus pada pemasarannya. Jadi, nanti tidak tumpang tindih, jadi terintegrasi," ujar Bimo.

Ketua Dekranasda Sultra Agista Ariany Ali Mazi menyambut baik atas upaya BI Sultra dalam memajukan UMKM khususnya dalam pemasaran hasil produk lokal secara digital sehingga nantinya dapat dikenal secara umum bahkan bisa mendunia.

"Ini sangat bagus karena membuka jalan, peluang besar bagi UMKM kita untuk bisa lebih berkreasi," kata Agista.

Menurutnya banyak potensi yang ada di Sulawesi Tenggara yang dapat dikembangkan menjadi produk unggulan oleh para UMKM salah satunya kain tenun, yang selanjutnya produk-produk tersebut dapat dipromosikan melalui website.

"Tentu dengan pengembangan website ini juga akan membantu masyarakat karena ketika berbelanja tidak mengumpulkan banyak orang lagi. Apalagi di masa pandemi saat ini, olehnya itu kami sangat mendukung," tambah Agista Ariani.
 
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar