Pemkot Kendari maksimalkan vaksinasi kelompok lansia meski Ramadhan

id vaksinasi lansia, lansia, kendari, progres vaksinasi kendari, sultra, sulawesi tenggara

Pemkot Kendari maksimalkan vaksinasi kelompok lansia meski Ramadhan

Seorang lansia di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara saat suntik vaksin COVID-19. ANTARA/Harianto

Kendari (ANTARA) - Pemerintah Kota Kendari, Sulawesi Tenggara tetap memaksimalkan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 bagi kelompok lanjut usia (lansia) meski di bulan suci Ramadhan guna memutus rantai penyebaran virus corona.

"Vaksinasi untuk lansia tetap dilaksanakan meski Ramadhan. Vaksinasi dilakukan di siang hari," kata Kepala Dinas Kesehatan Kendari Rahminingrum di Kendari, Selasa.

Ia menyampaikan, stok vaksin bagi kelompok lansia di kota tersebut masih tersedia hingga hari ini sebanyak 8.000 dosis jenis Sinovac.

"Kalau (stok vaksin) lansia Insya Allah kami memang sudah simpankan walaupun jauh dari target yang seharusnya 18.634 orang. Kami sudah simpankan sekitar 8.000 dosis," ujar dia.

Menurut dia, vaksinasi tetap dilanjutkan meskipun saat Ramadhan karena mengacu pada Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang membolehkan vaksinasi.

"MUI sudah mengeluarkan fatwa Nomor 13 Tahun 2021 tentang Hukum Vaksinasi COVID-19 saat berpuasa. MUI mengatakan vaksin tidak membatalkan puasa, jadi saya pikir ini tidak masalah," kata Rahminingrum.

Ia menyampaikan, berdasarkan data per 17 April 2021, progres vaksinasi di kota itu di antaranya tenaga kesehatan mencapai 4.621 orang atau 111,32 persen dari 4.151 sasaran, petugas publik mencapai 10.338 orang atau 27,34 persen dari 37.810 sasaran, dan lansia mencapai 2.895 orang atau 15,54 persen dari 18.634 sasaran.

Meskipun saat ini tengah dilaksanakan program penyuntikan vaksinasi guna memutus mata rantai penyebaran COVID-19, namun ia mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan guna benar-benar memutus penyebaran virus corona.
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar