Komisi III minta BNN meningkatkan pemberantasan narkoba di lapas

id BNN,Komisi III DPR,Revisi UU Narkotika

Komisi III minta BNN meningkatkan pemberantasan narkoba di lapas

Kepala BNN Petrus R. Golose (tengah) mengikuti Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi III DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (18/3/2021). ANTARA FOTO/Galih Pradipta/wsj. (ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA)

Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni mengatakan Komisi III DPR meminta Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) lebih meningkatkan intensitas pemberantasan dan pencegahan beredarnya narkoba di dalam lembaga pemasyarakatan (lapas).

"Komisi III meminta Kepala BNN untuk lebih meningkatkan intensitas pemberantasan dan pencegahan beredarnya narkotika di dalam lapas," kata Sahroni saat membacakan kesimpulan Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi III DPR dengan Kepala BNN di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis.

Dia mengatakan langkah pemberantasan dan pencegahan peredaran narkoba di lapas oleh BNN itu dapat dilakukan dengan kerja sama serta koordinasi secara aktif dengan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) serta aparat penegak hukum lainnya.



Sahroni menjelaskan, Komisi III DPR mendesak Kepala BNN lebih proaktif dan sungguh-sungguh dalam mencegah masuknya narkotika ke wilayah Indonesia melalui jalur-jalur resmi maupun tidak resmi sesuai pemetaan yang telah dilakukan lembaga tersebut.

"Kami mendukung penuh 'grand strategy' dan Program Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) oleh BNN dalam upaya perang melawan narkoba ('war on drugs') untuk mewujudkan Indonesia Bersih Narkotika (Indonesia Bersinar), termasuk mendukung upaya peningkatan kapasitas dan integritas SDM BNN beserta jajaran," ujarnya.

Dia mengatakan, Komisi III DPR meminta Kepala BNN melaporkan kepada Presiden Joko Widodo terkait upaya mencari terobosan dan komitmen pemerintah dalam pemberantasan serta pencegahan narkotika termasuk dukungan legislasi berupa revisi UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

RDP tersebut dipimpin Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni dan dihadiri Kepala BNN Petrus Golose beserta jajarannya.

Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar