Pemkot Baubau salurkan 54 unit kapal untuk nelayan

id kadis laut

Pemkot Baubau salurkan 54 unit kapal untuk nelayan

Kadis Kelautan dan Perikanan Kota Baubau, Ruslan RZ (Foto ANTARA/Azis Senong)

Kendari (ANTARA) - Pemerintah Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, melalui Dinas Kelautan dan Perikanan menyalurkan sebanyak 54 unit kapal berkapasitas 3 gross tonage (GT) kepada 10 kelompok nelayan daerah itu. 

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Baubau, Ruslan RZ melalui sambungan telepon dari Kendari, Rabu, mengatakan, sebanyak 54 unit bantuan kapal yang terdiri dari 34 unit dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dan 20 unit melalui Dana Insentif Daerah (DID) tahun 2020.

"Memang agak terlambat pengadaannya (penyalurannya) karena akibat COVID-19," kata Ruslan yang juga mantan Camat Batupoaro ini.

Ia mengatakan, bantuan kapal bagi para nelayan di wilayah pesisir daerah itu sebagai upaya untuk membantu meningkatkan pendapatan mereka di tengah kondisi pandemi COVID-19 saat ini.

"Harapan kami dengan terbaginya itu pertama mereka bisa menggunakan alat tangkap kapal tersebut untuk meningkatkan taraf hidup mereka," ujarnya.

Karena, menurut dia, rata-rata yang menerima bantuan kapal tersebut tersebar di wilayah pesisir di antaranya Kelurahan Bone-bone, Tarafu, Wameo, Lipu, Lanto, dan Kelurahan Kolese.

Ruslan yang merupakan mantan Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Baubau ini mengatakan bahwa pada 2021 ini juga pihaknya memprogramkan pengadaan kapal seperti yang telah disalurkan itu sebanyak 6 unit. 

"Tahun ini juga ada tapi kita belum tahu karena jangan sampai ada refokusing (anggaran), tapi di APBD kita ini ada 6 unit kapasitas kurang lebih sama dengan 3GT," katanya, dengan menyebutkan penyerahan 54 unit kapal kemarin oleh Sekda Baubau Roni Muhtar.
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar