Pemkot Baubau dorong percepatan penyaluran anggaran untuk pulihkan ekonomi

id anggaran

Pemkot Baubau dorong percepatan penyaluran anggaran untuk pulihkan ekonomi

Wakil Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse saat mengikuti Rakornas Pengendalian Inflasi 2020 secara virtual, di ruang kerjanya, ((Antara/HO humas Pemkot Baubau))

Baubau (ANTARA) - Pemerintah Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, mendorong percepatan penyaluran anggaran sebagai upaya pemulihan ekonomi di masa pandemi COVID-19.

Wakil Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse dalam keterangan tertulis di Baubau Jumat menyatakan, di masa pandemi COVID-19, inflasi Kota Baubau berada di titik 1,4 persen yang seharusnya berada pada titik antara 2 dan 4 persen.

Untuk mengantisipasi penurunan inflasi tersebut, pihaknya akan mendorong peningkatan serapan anggaran dengan upaya agar dapat menjaga serta meningkatkan daya beli masyarakat.

"Kita harus mempercepat realisasi anggaran yang bersifat langsung dirasakan oleh masyarakat. Misalnya, bantuan-bantuan yang bersumber dari APBN dan APBD, proyek-proyek serta belanja-belanja modal yang sudah di anggarkan dan sudah diagendakan”, ujar Wakil Walikota Baubau usai mengikuti Rakornas Pengendalian Inflasi 2020 secara virtual, Kamis (22/10).

Ia menambahkan, untuk serapan anggaran di seluruh Indonesia baru mencapai 50 persen tahun ini. Sementara tenggang waktu penggunaan anggaran tinggal dua bulan lebih.

Untuk itu, lanjutnya, diharapkan agar tenggang waktu ini dapat dipergunakan dengan maksimal dalam meningkatkan daya serap anggaran.

Dalam rapat virtual tersebut ungkap Monianse, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian berharap agar seluruh daerah untuk lebih aktif dalam mempercepat serapan anggarannya. Karena serapan anggaran inilah yang bisa menstimulasi ekonomi daerah.

"Oleh sebab itu, Pemkot Baubau harus memotivasi para petani-petani untuk menjaga dan meningkatkan pangan di daerah," ujarnya.

Lebih lanjut Monianse menjelaskan, Pemkot Baubau akan meningkatkan kerja sama dengan daerah-daerah lain untuk menjaga kebutuhan dan kestabilan pangan.

“Utamanya kalau kita di kawasan Sulawesi Tenggara ini kita bisa lihat, kalau di kabupaten tertentu ikannya melimpah bisa disuplai di Baubau begitu juga sebaliknya," ujarnya.

Dalam rapat virtual tersebut turut hadir pelaksana Sekda Kota Baubau, Asmahani, Kadis Ketahanan Pangan Kota Baubau Wa Ode Muhiba, Kabag Protokoler Setda Kota Baubau Eko Pronajaya.
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar